Bawa Rudal Berkemampuan Nuklir, MiG-31K Beroperasi di Mediterania

pesawat tempur mig 31k rusia

Suriah – JakartaGreater, Pesawat tempur MiG-31K yang mampu mengoperasikan Rudal Hipersonik Kinzhal telah bergabung dengan manuver Angkatan Laut Rusia di Laut Mediterania, ujar Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Jumat, 25-6-2021.

“Dalam manuver gabungan gugus tugas Mediterania Angkatan Laut Rusia dan pesawat Angkatan Udara Rusia yang dimulai di Mediterania timur pada 25 Juni 2021, awak pesawat MiG-31K yang mampu menggunakan Rudal Hipersonik Kinzhal terbaru yang tiba di pangkalan udara Hmeymim Rusia di Republik Arab Suriah beberapa hari yang lalu telah mulai menyelesaikan tugas menguasai wilayah udara di zona maritim,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Pesawat tempur MiG-31K tiba di pangkalan udara Hmeymim Rusia di Suriah untuk pertama kalinya, setelah peningkatan dan perpanjangan landasan kedua dengan penggantian lengkap permukaan landasan pacu dan pemasangan fasilitas navigasi pencahayaan baru dan peralatan radio-teknis, pernyataan mengatakan.

“Pembom jarak jauh Tu-22M3 juga telah melakukan penerbangan pelatihan mereka di atas Laut Mediterania,” kata Kementerian Pertahanan.

Secara keseluruhan, latihan itu melibatkan 5 kapal perang Rusia, termasuk kapal penjelajah rudal Moskva, fregat Laksamana Essen dan Laksamana Makarov serta kapal selam Stary Oskol dan Rostov-on-Don.

Pesawat Angkatan Dirgantara Rusia diwakili dalam manuver bersama oleh pesawat perang anti-kapal selam Tu-142MK dan Il-38, pembom jarak jauh Tu-22M3 dan pesawat tempur MiG-31K, kata kementerian tersebut.

Tu 22 M3 rusia

Pembom jarak jauh Tu-22M3 ikut dalam latihan di Mediterania, 25-6-2021. (@Russian MoD)

“Musuh hipotetis dengan karakteristik yang ditunjuk disimulasikan secara elektronik oleh sistem kontrol persenjataan kapal,” kata pernyataan itu.

Latihan 5 kapal Angkatan Laut Rusia (termasuk kapal penjelajah rudal Moskow, fregat Laksamana Essen dan Laksamana Makarov), serta 2 kapal selam Old Oskol dan Rostov-on-Don bersama-sama dengan pesawat anti-kapal selam Tu-142 MK, IL-38, pembom jarak jauh pesawat Tu-22 M3 dan MiG-31 K melakukan tugas pelatihan dan pertempuran untuk memastikan keamanan pangkalan udara Khmeim dan titik logistik Tartus Angkatan Laut Rusia.

Rudal Hipersonik Kinzhal

pesawat tempur mig 31k membawa rudal kinzhal

Pesawat MiG31K membawa rudal Kinzhal. (@The Presidential Press and Information Office- Russia)

Kh-47M2 Kinzhal yang berarti belati/ “dagger” adalah Rudal balistik berkemampuan nuklir Rusia (ALBM) yang memiliki jangkauan diklaim lebih dari 2.000 km dengan kecepatan Mach 10, dan kemampuan untuk melakukan manuver mengelak di setiap tahap penerbangannya.

Rudal Kinzhal dapat membawa hulu ledak konvensional dan nuklir dan dapat diluncurkan dari pembom Tu-22M3 atau pencegat MiG-31K yang telah dikerahkan di pangkalan udara di Distrik Militer Selatan Rusia.

Kinzhal mulai beroperasi pada Desember 2017 dan merupakan salah satu dari 6 senjata strategis Rusia baru yang diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada 1 Maret 2018.

*Foto: Bawa Rudal Berkemampuan Nuklir, MiG-31K Rusia Operasi di Mediterania. (@Russian MoD).

Leave a Reply