TNI AL Kini Diperkuat dengan Alutsista UAV ScanEagle

Alutsista – Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL) telah menerima Alutsista berupa pesawat tanpa awak (UAV) Boeing Insitu ScanEagle sebanyak 14 unit. Hal ini disampaikan perwira TNI AL dalam upacara peringatan hari penerbangan TNI AL di Surabaya, 21 Juni 2021.

Dalam peringatan ini pula TNI AL meresmikan 2 skadron baru, yakni Skadron Udara-100 Anti Kapal Selam dan Skadron Udara 700 Pesawat Udara Tanpa Awak.

TNI Angkatan Laut (TNI AL) terus meningkatkan kekuatan udaranya dengan mempertajam kekuatan Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA). Peningkatan kekuatan udara ini juga ditujukan untuk armada pesawat udara sayap tetap (fixed wing) maupun dan rotary.

Sebelumnya, pemerintah AS telah menawarkan untuk menyediakan UAV ScanEagle kepada Pemerintah Indonesia pada tahun 2014, meskipun baru pada tahun 2020 Pemerintah Indonesia setuju untuk menerima hibah tersebut.

Sebanyak 14 UAV ScanEagle, bersama dengan sistem terkait termasuk di antara yang dijadwalkan untuk ditransfer oleh Pemerintah AS sebagai hibah kepada Pemerintah Indonesia di bawah skema Pembiayaan Militer Asing (FMF) AS, ungkap AsiaPacificDefenseJournal.com.

dok UAV ScanEagle. (@USAF)

Paket itu diperkirakan menelan biaya sekitar US$28,3 juta, dan merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas yang lebih besar dari Pemerintah AS untuk memilih negara-negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Vietnam di bawah Program Inisiatif Keamanan Maritim Indo-Pasifik.

Hibah UAV pengawasan datang ketika negara-negara di kawasan itu menghadapi perambahan zona ekonomi eksklusif mereka oleh kapal-kapal pemerintah China, milisi maritim dan armada penangkap ikan.

dok UAV ScanEagle. (@USAF)

ScanEagle UAV memiliki muatan maksimum 5 kilogram yang terdiri dari kamera dan sensor, memiliki kecepatan jelajah 60 knot, dan ketinggian penerbangan 20.000 kaki.

UAV ini dapat diluncurkan dan diambil dari darat atau dari kapal angkatan laut menggunakan peralatan peluncuran khusus.

*Foto: UAV ScanEagle yang Dipamerkan dalam upacara peringatan hari penerbangan TNI AL di Surabaya, 21-6-2021. (@ TNI AL)