Pesawat Tempur F-16 Belgia Kehilangan Kendali di Landasan Pacu

JakartaGreater – Seorang pilot F-16 Belgia menyelamatkan diri dengan kursi lontarnya di Pangkalan Udara Leeuwarden, di Utara Belanda, Kamis pagi, 1-7-2021, ketika mulai take off  dari tempat parkir pesawat.

Prajurit itu mendarat tepat di luar Pangkalan Udara Leeuwarden. Dia dan seorang kepala kru Belgia dibawa ke rumah sakit.

Tampaknya F-16 berakselerasi sendiri saat start-up. Kepala kru masih bekerja di pesawat pada saat itu. Kemudian melaju ke sebuah gedung. Tidak ada yang terluka di sini.

Pilot mengalami cedera kaki dan dibawa ke rumah sakit untuk perawatan. Seorang anggota teknis detasemen Belgia yang hadir dalam insiden itu dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan. Pesawat berakhir di sebuah taman kontainer kosong dengan  kerusakan material sebagai akibatnya, ungkan Kementerian Pertahanan Belgia.

Pesawat tempur F-16 Belgia berlatih di Belanda. (@Ministerie van Defensie – Netherlands)

Tim dari ASIB (Aviation Safety Investigation Board) Pertahanan akan berangkat ke Leeuwarden untuk melakukan investigasi keselamatan penerbangan.

Pilot saat ini mengikuti Kursus Instruktur Senjata (WIC) di Leeuwarden. Ini merupakan pelatihan internasional dengan peserta dari Belgia, Belanda dan Norwegia. Kursus ini berlangsung selama enam bulan dan berlangsung dari 3 Mei hingga 22 Oktober. Angkatan Udara Belgia berada di lokasi dengan 5 pesawat, empat siswa, 4 instruktur dan staf pendukung.