Terbangkan Jet ke-3 Falcon 6X, Dassault Kejar Sertifikasi untuk 2022

Jet Dassault Falcon 6X

JakartaGreater – Pesawat jet Falcon 6X ketiga telah melakukan penerbangan perdananya dan bergabung dengan kampanye uji terbang, saat jet bisnis terbaru Dassault Aviation ini mendekati sertifikasi yang diharapkan tercapai pada tahun 2022.

Falcon 6X s/n 003 dilengkapi dengan interior penuh dan akan digunakan untuk validasi desain kabin.

jet falcon

Pesawat Falcon 6X melakukan uji terbang (@ Dassault Aviationi)

Pesawat menyelesaikan penerbangan perdananya selama 2 jam dari pabrik perakitan akhir Bordeaux-Merignac di Dassault, Prancis ke fasilitas uji terbang Istres pada 24 Juni, naik ke ketinggian Flight Level 400 dan berakselerasi di kecepatan jelajah Mach 0,85, dirilis Dassault Aviation, 1-7-2021.

Pesawat jet 6X pertama terbang pada 10 Maret dan yang kedua pada 30 April 2021.

Jet Dassault Falcon 6X 4

Pesawat Falcon 6X melakukan uji terbang (@ Dassault Aviation – A. Pecchi)

Kedua pesawat uji telah mengumpulkan lebih dari 130 jam uji terbang, dengan kecepatan dua hingga tiga penerbangan seminggu.

Eric Trappier, Ketua dan CEO Dassault Aviation mengatakan, “Penerbangan terbaru ini merupakan tanda lain dari kemajuan mulus yang telah kami buat dengan program uji 6X.

“Kami secara konsisten terkesan dengan kinerja penerbangan dan penanganan 6X dan keandalan sistem pesawat.”

Pesawat ketiga ini dilengkapi dengan interior Falcon 6X, termasuk hiburan dalam penerbangan dan sistem komunikasi.

Jet Dassault Falcon 6X 7

Pesawat Falcon 6X melakukan uji terbang (@ Dassault Aviation – A. Pecchi)

Selain menguji peralatan ini, pesawat akan digunakan untuk mengevaluasi fitur lingkungan dan kontrol suhu serta memvalidasi sistem akustik kabin, yang bersama dengan yang ada pada trijet Falcon 8X jarak jauh diharapkan menjadi referensi industri.

“Jet 6X akan menjadi salah satu kisah sukses besar kami, tolok ukur baru dalam performa dan kenyamanan terbang,” kata Philippe Duchateau, kepala pilot uji Dassault. “Sangat menyenangkan bisa terbang.”

Jet Dassault Falcon 6X 1

Pesawat Falcon 6X melakukan uji terbang (@ Dassault Aviation – A. Pecchi)

Pesawat keempat untuk program pengujian sertifikasi juga dilengkapi dengan interior kabin penuh, di pabrik Dassault di Mérignac. Ini akan melakukan kampanye penerbangan ketahanan global dua bulan yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa semua sistem 6X sepenuhnya matang saat masuk ke layanan.

Produksi unit tambahan sedang berjalan lancar, dengan pesawat no. 10 dijadwalkan berada di jalur perakitan akhir pada awal Juli.

Dassault Falcon 6X adalah jet bisnis jarak jauh yang besar yang sedang dikembangkan oleh Dassault Aviation di Prancis.

Jet Dassault Falcon 6X 2

Pesawat Falcon 6X melakukan uji terbang (@ Dassault Aviation – A. Pecchi)

Pada 13 Desember 2017, Dassault meninggalkan Silvercrest dan mengakhiri pengembangan 5X. Sebagai gantinya, perusahaan Dassault Aviation meluncurkan model Falcon baru dengan penampang badan pesawat yang sama, mesin Pratt & Whitney Canada dan jangkauan 5.500 nmi (10.200 km). Jet baru ini menggunakan mesin Pratt & Whitney Canada PW800s, yang sudah menggerakkan pesawat Gulfstream G500/G600.

Desainnya diresmikan pada Februari 2018. Dassault meluncurkan varian 6X yang lebih besar dan lebih jauh, untuk bersaing dengan Bombardier Global 7500 yang memiliki jangkauan 7.700nm (14.300km) dan Gulfstream G650ER dengan jangkauan 7.500nm.

Leave a Reply