Fregat ENS Taba Mesir Berlatih dengan Grup Serang Kapal Induk AS

JakartaGreater – Fregat berpeluru kendali Angkatan Laut Mesir ENS Taba (FFG 916) dan kelompok serang kapal induk (Carrier Strike Group/CSG) Dwight D. Eisenhower melakukan latihan passing (PASSEX) di Laut Merah, pada 29-30 Juni, 2021 .

PASSEX adalah latihan di mana beberapa kapal beroperasi di sekitar yang berdekatan untuk mempraktikkan evolusi bersama guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan navigasi, dan interoperabilitas.

Fregat berpeluru kendali Angkatan Laut Mesir ENS Taba (FFG 916), depan, melakukan latihan passing dengan kapal induk USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69) di Laut Merah, 29 Juni, 2020. (@U.S. Navy – Mass Communication Specialist 3rd Class Sawyer Haskins)

“Transit strike group kami melalui Laut Merah dengan Angkatan Laut Mesir adalah contoh yang bagus dari komitmen berkelanjutan kami untuk mitra regional,” kata Laksamana Muda Scott F. Robertson, komandan, Carrier Strike Group 2, dikutip situs US DoD.

“Kami menantikan peluang masa depan dengan rekan-rekan Mesir kami untuk meningkatkan kepercayaan, kerja sama, dan saling menghormati. Singkatnya, kami lebih siap dan lebih kuat bersama-sama.”

Fregat berpeluru kendali Angkatan Laut Mesir ENS Taba (FFG 916), melakukan latihan passing dengan Grup Serang kapal induk USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69) di Laut Merah, 29 Juni, 2020. (@U.S. Navy – Mass Communication Specialist 3rd Class Sawyer Haskins)

PASSEX dimulai dengan fregat Taba, kapal induk USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69) dan kapal penjelajah rudal berpemandu USS Vella Gulf (CG 72) melakukan taktik divisi dan manuver dalam formasi, memperkuat kemampuan kru untuk beroperasi bersama dan meningkatkan penanganan kapal keterampilan.

Fregat berpeluru kendali Angkatan Laut Mesir ENS Taba (FFG 916), melakukan latihan passing dengan Grup Serang kapal induk USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69) di Laut Merah, 29 Juni, 2020. (@U.S. Navy – Mass Communication Specialist 3rd Class Sawyer Haskins)

Angkatan Laut AS melakukan operasi penerbangan di dek penerbangan kapal induk USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69) selama latihan passing dengan kapal perang berpeluru kendali Angkatan Laut Mesir ENS Taba (FFG 916) dan kapal penjelajah berpeluru kendali USS Vella Gulf (CG 72) di Laut Merah, 29 Juni.

CSG Dwight D. Eisenhower dikerahkan ke area operasi Armada ke-5 AS untuk mendukung operasi angkatan laut guna memastikan stabilitas dan keamanan maritim di kawasan Tengah, yang menghubungkan Mediterania dan Pasifik melalui Samudra Hindia bagian barat dan tiga titik strategis.

Lewati Terusan Suez

Grup Serang Kapal Induk Eisenhower di laut Mediterania setelah melintasi Terusan Suez. (@ US Navy)

Grup Serang Kapal Induk Eisenhower dikerahkan ke Timur Tengah untuk fleksibilitas yang melekat pada US Navy. Dalam operasinya baru baru ini, kapal induk USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69) juga transit dan melintasi Terusan Suez untuk masuk ke laut Mediterania.

*Foto: Grup Serang Kapal Induk Eisenhower melintasi Terusan Suez. (@ US Navy).