Fregat Admiral Gorshkov Tembakkan Rudal Hipersonik Jarak 350 Km

Alutsista – Uji terbang Rudal jelajah hipersonik Zirkon Rusia berlanjut. Di Laut Putih, fregat Admiral Gorshkov menembakkan Rudal hipersonik ke sasaran darat yang terletak di pantai Laut Barents.

Menurut kontrol objektif, Rudal Zirkon berhasil mencapai target pada jarak lebih dari 350 km, ungkap Kementerian Pertahanan Rusia, 19-7-2021.

Selama pengujian, karakteristik taktis dan teknis roket Zirkon dikonfirmasi. Kecepatan penerbangan sekitar 7 Mach.

Sistem Rudal Zirkon berencana untuk melengkapi kapal selam dan kapal selam Angkatan Laut Rusia.

Fregat Admiral Gorshkov

Fregat Admiral Gorshkov Project 22350 ditingkatkan kemampuannya dengan mampu membawa 16, 24, hingga 48 tabung peluncur Rudal vertikal VLS, untuk membawa jelajah Kalibr, Oniks dan Zirkon (Tsirkon)

Kapal perang ini adalah kelas frigat terbaru yang sedang dibangun oleh Severnaya Verf di Saint Petersburg untuk Angkatan Laut Rusia.

Kapal Project 22350 dirancang oleh Biro Desain Severnoye dan menggabungkan penggunaan teknologi siluman. Pada Agustus 2020, sepuluh kapal telah dikontrak untuk pengiriman hingga tahun 2027. Kapal Admiral Gorshkov, ditugaskan pada 28 Juli 2018.

Fregat Admiral Gorshkov. (@Russia MoD)

Fregat Admiral Gorshkov adalah kapal permukaan pertama pembawa rudal jelajah Caliber di Armada Laut Utara. fregat ini juga dilengkapi dengan sistem rudal anti-pesawat modern dengan peluncur vertikal Polimer-Redut, yang mampu mencapai target udara dalam radius 150 km dan pada ketinggian hingga 30 km.

Pada awal Oktober 2018, awak fregat telah berhasil melakukan penembakan rudal “Polyment-Redut” pada target udara dan laut.

Fregat dengan bobot penuh penuh 5,400 ton ini dapat mengembangkan kecepatan hingga 29 knot (54.6 km) dengan kemampuan jelajah 8,980 km.

*Foto: Fregat Gorshkov Uji Tembak Rudal Hipersonik Zirkon, 19-7-2021. (@Russia MoD)