Kapal Perang Korvet India INS Kiltan Kunjungi Belawan

JakartaGreater  –  Kapal perang korvet anti-kapal selam India INS KILTAN (P30) berkunjung ke Dermaga 104 Pelabuhan Ujung Baru Belawan, Sumatera Utara, pada Minggu, 11-7-2021.

Dalam kunjungannya ini, Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Yonmarhanlan I TNI AL, Mayor Marinir Santri Mada Seba Sitepu memimpin Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan untuk mengikuti penyambutan Kapal Perang Angkatan Laut India itu.

Keperluan kunjungan INS Klitan kali ini untuk mengisi BBM, air bersih dan Logistik. Sedangkan ABK dari kapal ISN Klitan tidak diperbolehkan keluar dari kapal disebabkan masih meningkatnya wabah Covid-19 di negara India, dirilis sSitus Marinir TNI AL pada Minggu 11-7-2021.

Kapal Perang Korvet India INS Kiltan Kunjungi Belawan

Pasukan penyambutan untuk Kapal Perang Angkatan Laut India INS KILTAN terdiri dari : 1 Peleton Perwira, 1 Peleton Ba/Ta, 1 Peleton Ba/Ta Yonmarhanlan I dan 1 Peleronon Satuan Musik dari Lantamal I.

INS Kiltan merupakan kapal perang korvet kelas Kamorta yang dibangun sendiri oleh India dan ditugaskan ke Angkatan Laut India yang diluncurkan pada tahun 2013.

Kapal Kapal Perang Angkatan Laut India INS KILTAN dengan bobot 3.000 ton, memiliki panjang 109 meter dan lebar 12,8 meter dan didorong oleh 4 mesin diesel untuk mencapai kecepatan lebih dari 25 knot.

Mengenal Korvet INS Kiltan India

INS Kiltan adalah kapal perang besar pertama India yang memiliki superstruktur material komposit serat karbon yang menghasilkan fitur siluman yang ditingkatkan, bobot atas dan biaya perawatan yang lebih rendah.

Kapal perang ini adalah Korvet ketiga dari empat korvet kelas Kamorta yang sedang dibangun di bawah Proyek 28 India.

dok. Kapal Perang Korvet India INS Kiltan. (@India Navy)

Dirancang oleh Direktorat Desain Angkatan Laut Angkatan Laut India dan dibangun oleh Garden Reach Shipbuilders & Engineers (GRSE) di Kolkata, INS Kiltan menggambarkan peningkatan kemampuan Angkatan Laut India.

INS Kiltan adalah kapal perang pribumi terbaru setelah Kelas Shivalik, Kelas Kolkata dan kapal saudaranya INS Kamorta dan INS Kadmatt yang telah bergabung dengan gudang senjata Angkatan Laut India di mana sejumlah besar senjata dan sensor telah diintegrasikan untuk memberikan “gambaran operasional bersama”.

dok. Kapal Perang Korvet India INS Kiltan. (@India Navy)

Korvet anti-kapal selam India INS KILTAN memiliki perangkat senjata dan sensor mutakhir yang didominasi oleh buatan dalam negeri yang mencakup torpedo kelas berat, roket ASW, meriam Jarak Menengah kaliber 76 mm, dan dua meriam multi-barel 30 mm sebagai sistem close-in-weapon (CIWS) dengan sistem kontrol tembakan khusus, roket umpan rudal (Chaff), sistem ESM (Electronic Support Measure) canggih, serta sonar paling canggih dan radar pengawasan udara Revathi.

*Foto: dok. Kapal Perang Korvet India INS Kiltan. (@U.S. Pacific Fleet)