Kapal Perang RI dan Korvet Jerman Latihan di Laut Mediterania

JakartaGreater   –   Kapal perang RI, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367 yang dikomandani Letkol Laut (P) Abdul Haris, yang terlibat dalam misi Perdamaian Dunia PBB di Lebanon melaksanakan latihan Mailbag Transfer Exercise bersama Kapal Perang Korvet Jerman FGS Braunschweig (F260) pada Sabtu 10-7-2021 di Laut Mediterania, Lebanon.

Kapal Perang RI dan Korvet Jerman Latihan di Laut Mediterania

Mailbag Transfer Exercise merupakan bagian dari latihan pembekalan di laut dengan tujuan memberikan tambahan logistik kepada kapal yang membutuhkan.

Pada latihan kali ini, KRI Sultan Iskandar Muda-367 juga menerbangkan Helikopter AS 565 MBE PANTHER untuk melaksanakan Photo Exercise dari udara di atas Laut Mediterania Lebanon.

Kapal Perang RI dan Korvet Jerman Latihan di Laut Mediterania

Latihan diawali dengan KRI Sultan Iskandar Muda-367 melaksanakan peran Heli take off dari geladak Heli, KRI Sultan Iskandar Muda-367 bertindak sebagai kapal penerima, mendekat ke kapal hingga kedua kapal perang posisinya sejajar.

Selanjutnya, kedua kapal perang berganti peran FGS BRN bertindak menjadi kapal penerima dan mendekat kepada KRI SIM.

Kapal Perang RI dan Korvet Jerman Latihan di Laut Mediterania

Didalam Latihan tersebut KRI SIM dan FGS BRN juga saling bertukar Plakat dan beberapa cinderamata sebagai tanda atau simbol menjalin tali persahabatan antara Indonesia dan Jerman.

“Kegiatan latihan Mailbag Transfer, memang kami laksanakan untuk mengasah profesionalisme para personel satgas MTF Unifil, juga untuk mempererat hubungan diplomasi antara Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Jerman,” ujar Dansatgas Letkol Laut (P) Abdul Haris disela latihan, dirilis Pen Koarmada II.

Haris menambahkan jika latihan bersama ini merupakan salah satu hal yang ditekankan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M. kepada dirinya saat hendak meninggalkan tanah air.

Yakni untuk tetap menjalin hubungan yang baik degan Angkatan Laut negara lain, di mana salah satu sarananya adalah latihan bersama saat berlayar.

Korvet FGS Braunschweig (F260)

doc. Korvet F260 Braunschweig (@Wolfgang Fricke – commons.wikimedia)

F 260 FGS Braunschweig / K130 Braunschweig (kadang disebut Korvette 130) adalah kelas korvet laut terbaru di Jerman.

Lima kapal telah menggantikan kapal serang cepat kelas Gepard milik Angkatan Laut Jerman.

Pada bulan Oktober 2016 diumumkan bahwa gelombang kedua dari lima korvet lagi akan diadakan pada 2022–25.

Keputusan itu sebagai tanggapan atas persyaratan NATO yang mengharapkan Jerman untuk menyediakan total empat korvet pada tingkat kesiapan tertinggi untuk operasi pesisir.

Senjata;
1 × OTO Melara 76 mm gun
2 × meriam otomatis Mauser BK-27

Anti-kapal;
4 × rudal anti-kapal RBS-15 Mk.3

Sistem Senjata Jarak Dekat:
2 × peluncur RAM Block II, masing-masing 21 rudal

2 pemikiran pada “Kapal Perang RI dan Korvet Jerman Latihan di Laut Mediterania”