Angkatan Laut India Semakin Kuat dengan Helikopter MH-60 Romeo

Alusista   –   Setelah menunggu selama beberapa dekade, Angkatan Laut India akhirnya mendapatkan dua dari 24 helikopter multi-peran baru MH-60 Romeo yang memiliki kemampuan membawa rudal Hellfire, torpedo, dan amunisi berpemandu presisi di samping sistem radar multi-mode dan perangkat penglihatan malam.

Angkatan laut India selama ini berjuang dengan armada tua helikopter Sea King buatan Inggris yang diperolehnya pada tahun 1978.

Helikopter MH-60 Romeo India. (@Indiannavy)

Kemampuan anti-kapal selam Angkatan Laut India kini lebih banyak setelah menerima batch pertama untuk 2 helikopter multi-peran Sikorsky MH-60 ‘Romeo’ pada hari Jumat 16-7-2021, dirilis Sputniknews.com.

Kedua helikopter itu diserahkan kepada Angkatan Laut India di Naval Air Station North Island di San Diego, California.

Duta Besar India untuk AS Taranjit Singh Sandhu hadir pada upacara itu yang menandai penyerahan resmi helikopter dari Angkatan Laut AS ke Angkatan Laut India.

Dalam upacara itu, Sandhu mengatakan bahwa induksi helikopter di Angkatan Laut India merupakan tonggak utama dalam kemitraan pertahanan India-AS.

“Upacara ini menandai penyerahan resmi helikopter ini dari angkatan laut AS ke Angkatan Laut India, yang diterima oleh Yang Mulia Taranjit Singh Sandhu, Duta Besar India untuk AS,” kata Angkatan Laut India dalam sebuah pernyataan.

“Upacara itu juga menyaksikan pertukaran dokumen helikopter antara Wakil Laksamana Kenneth Whitesell, Komandan Angkatan Udara Angkatan Laut, Angkatan Laut AS dan Wakil Laksamana Ravneet Singh, wakil kepala staf angkatan laut (DCNS), Angkatan Laut India.”

caption id=”attachment_373005″ align=”aligncenter” width=”768″] Helikopter MH-60 Romeo India. (@Indiannavy)[/caption]

Sandhu juga menyebutkan bahwa total nilai kontrak pertahanan India yang diterima AS telah melampaui $25 miliar dalam 15 tahun terakhir.

Helikopter ini dikenal karena kemampuan anti-kapal selamnya, dilengkapi dengan Rudal Hellfire, torpedo, dan amunisi berpemandu presisi di samping sistem radar multi-mode dan perangkat penglihatan malam.

India telah menandatangani kesepakatan senilai $2,6 miliar untuk pengadaan 24 helikopter MH-60 Romeo dari perusahaan senjata utama AS, Lockheed Martin pada tahun 2020.

Helikopter MH-60 Romeo India. (@Indiannavy)

Angkatan Laut India membeli helikopter ini dari pemerintah Amerika. Pakta itu ditandatangani selama kunjungan mantan Presiden AS Donald Trump ke India tahun lalu.

Kedua pihak melakukan kontrak antar pemerintah karena India ingin mempercepat proses pengadaan. Helikopter sangat penting bagi angkatan laut negara itu karena berjuang untuk mengawasi China di Wilayah Samudra Hindia (IOR) yang luas.

Menurut Departemen Pertahanan AS, helikopter ini akan memberikan Angkatan Laut India kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi kapal perang musuh, kapal perusak dan kapal selam di dalam air karena mereka berpengalaman dalam melakukan misi perang anti-permukaan dan anti-kapal selam.

MH-60R Seahawk adalah helikopter multi-misi yang diproduksi oleh Sikorsky Aircraft. Helikopter ini dianggap sebagai helikopter maritim paling canggih di dunia.

Helikopter ini menggantikan helikopter SH-60B dan SH-60F di armada Angkatan Laut AS dan menggabungkan kemampuan kedua helikopter itu.

MH-60R juga disebut sebagai ‘Romeo’. Helikopter ini dilengkapi untuk berbagai misi, termasuk perang anti-kapal selam (ASW), perang anti-permukaan (ASuW), pencarian dan penyelamatan (SAR), dukungan tembakan angkatan laut (NGFS), pengawasan, relai komunikasi, dukungan logistik. dan transfer personel, dan pengisian vertikal (VERTREP).

Helikopter ini dilengkapi dengan kait kargo seberat 2.721,55 kg (6.000 lb) untuk misi pengisian vertikal. Lockheed Martin, Owego, adalah integrator sistem misi.

*Foto: Helikopter MH-60 Romeo India. (@Indiannavy)