Sistem Pertahanan Udara S-500 Rusia Uji Coba Tembak Tempur

JakartaGreater  –  Sistem Rudal generasi baru S-500 Rusia berhasil menembak target balistik yang bergerak cepat dalam latihan di wilayah Kapustin Yar, Rusia

Sistem S-500 akan dibeli pemerintah Rusia untuk unit pertahanan udara dan rudal di wilayah Moskow, setelah tes penuh selesai, ujar Kementerian Pertahanan Rusia kepada wartawan, dirilis TASS, Selasa 20-7-2021.

“Sistem Rudal mutakhir S-500 telah melakukan uji tembak tempur di tempat pelatihan Kapustin Yar, untuk menyerang target balistik yang bergerak cepat.

Menurut perekam data, target itu  berhasil ditembak,” kata badan militer tersebut.

Kementerian Rusia menggarisbawahi, bahwa penembakan tempur yang dilakukan merupakan bagian dari uji coba, untuk mengkonfirmasi karakteristik kinerja taktis dan teknis sistem rudal S-500 serta keandalan dari perangkat keras militer pertahanan udara Rusia.”

“Kami berencana bahwa sistem S-500 pertama akan dibeli untuk unit pertahanan udara dan rudal wilayah Moskow, setelah siklus penuh tes selesai,” tambah kementerian Pertahanan Rusia.

Rusia uji penembakan sistem Rudal S-500. (@Russia MoD)

Sistem Rudal S-500 diklaim tidak memiliki analog di dunia dan dapat mencegat seluruh jangkauan serangan udara dan ruang angkasa dari musuh potensial di semua ketinggian dan kecepatan.

S-500 akan menggantikan sistem S-400. Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu sebelumnya mengatakan bahwa pengadaan S-500 untuk tentara Rusia dimulai pada tahun 2020, dan para ahli telah mengerjakan sistem rudal itu sejak 2017.

*Foto: Rusia uji penembakan sistem Rudal S-500. (@Russia MoD)