Home » Militer Indonesia » Latihan Terpadu KRI dan Pesawat TNI AL di Perairan NTT

Latihan Terpadu KRI dan Pesawat TNI AL di Perairan NTT

Militer – Kapal patroli TNI AL, KRI HIU-634 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Rivo De Havilland dari Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II, bersama Pesawat CASA U-6206 dari Skadron Udara 600 Pusnerbal Juanda melaksanakan latihan di Perairan Timur Pulau Sangeang, Nusa Tenggara Timur, Kamis, 22/07/2021.

Latihan yang dilaksanakan kali ini adalah AJP (Air Joining Procedure) oleh Pesawat Udara (pesud) U-6206 terhadap KRI HIU-634 yang sedang melaksanakan Operasi dengan sandi Tameng Nusa-21. Sementara pesawat U-6206 juga sedang melaksanakan operasi Garda Samudera-21.

Latihan Terpadu KRI dan Pesawat TNI AL di Perairan NTT

Unsur udara dan unsur Laut di Bawah Kendali Operasi Guskamla Koarmada II ini sedang berada di wilayah dan tugas operasi yang sama, yaitu dalam rangka mendukung kegiatan peresmian Lanal baru yang berada di bawah jajaran Lantamal VII Kupang yaitu, Lanal Labuan Bajo, NTT.

Selain melaksanakan tugas pokoknya dalam menjaga Keamanan Wilayah Laut Indonesia, pelaksanaan latihan juga akan terus dilakukan apabila salah satu unsur KRI bertemu dengan unsur KRI lain di dalam satu wilayah operasi yang sama.

Latihan Terpadu KRI dan Pesawat TNI AL di Perairan NTT

Kesiapan Operasi dan Latihan oleh unsur-unsur KRI dan Pesawat udara TNI AL harus selalu dijaga dan terus ditingkatkan, ujar Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Dr Iwan Isnurwanto.

Kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu TNI AL ini merupakan Visi Kepala Staf TNI AL dalam ”mewujudkan TNI AL yang profesional, modern, dan tangguh untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, Mandiri dan berkepribadian berdasarkan Gotong Royong”, ungkap Pen Koarmada II.