Rusia Siap Pasok Pesawat Tempur Sukhoi Su-35 ke Indonesia

JakartaGreater  – Rusia siap untuk memasok sejumlah jet tempur multiperan Sukhoi Su-35 ke Indonesia meskipun ada tekanan terhadap negara Asia-Pasifik ini, kata juru bicara Layanan Federal untuk Kerjasama Teknis-Militer, Valeria Reshetnikova, kepada wartawan saat pertunjukan udara di MAKS-2021, pada hari Rabu 21-7-2021.

“Sejak awal, proyek penyediaan 11 pesawat tempur Su-35 multiperan ke Jakarta telah menarik perhatian masyarakat dunia. Tidak mengherankan bahwa setelah menandatangani kesepakatan, pihak Indonesia menghadapi tekanan ekstensif dari perwakilan dari negara bagian tertentu. Pada semua tingkat yang memungkinkan, Jakarta ‘sangat disarankan’ untuk meninggalkan proyek tersebut. Namun, kami dengan yakin menegaskan bahwa pihak Rusia bermaksud memenuhi kontrak ini,” ujar Reshetnikova, dirilis TASS.

Menurutnya, Moskow memandang Indonesia sebagai salah satu mitra utama di kawasan Asia-Pasifik.

Kabar penandatanganan kontrak dengan Jakarta untuk 11 pesawat tempur Su-35 tersiar pada awal 2018, namun implementasinya belum dimulai.

Pertunjukan udara internasional MAKS 2021 berlangsung dari 20 hingga 25 Juli 2021 di kota pinggiran Zhukovsky di luar Moskow.

Karakteristik Sukoi Su-35

Pesawat tempur Su-35 dirancang untuk mencegat dan menghancurkan semua kelas target udara dalam pertempuran udara jarak jauh dan dekat.

Pesawat ini memiliki superioritas udara serta mengenai target darat dan permukaan laut termasuk pasukan dan infrastruktur darat yang dilindungi oleh senjata anti-pesawat dan menyerang target  yang terletak di jarak yang cukup jauh dari pangkalan udara Su-35 itu.

Jet tempur Su-35 adalah versi pesawat tempur Su-27 yang telah dimodernisasi secara mendalam untuk mencapai peningkatan signifikan dalam efektivitas tempurnya terhadap target udara, darat, dan permukaan laut.

Desain Su-35 menggabungkan konsep rekayasa paling sukses yang sebelumnya diuji dengan baik pada keluarga pesawat Su-27/Su-30.

Pesawat ini menggabungkan kualitas pesawat tempur modern (kemampuan manuver super, alat bantu akuisisi aktif dan pasif yang unggul, kecepatan supersonik tinggi dan jarak jauh, kemampuan mengelola aksi kelompok pertempuran, dll.) dan pesawat taktis yang baik (berbagai senjata yang dapat dibawa, sistem peperangan elektronik multi-saluran modern, jejak radar yang berkurang, dan kemampuan bertahan tempur yang tinggi).

Efektivitas tempur yang tinggi dari pesawat Su-35 dicapai melalui:

– Kemampuan untuk beroperasi secara independen, dalam kelompok pesawat atau sebagai bagian dari kelompok pertempuran yang dikendalikan dari pusat komando udara, darat atau berbasis kapal;

– Sistem manajemen informasi terintegrasi tunggal yang memberikan dukungan intelektual kepada pilot, yang memelihara komunikasi dan koordinasi antara awak dan peralatan avionik;

– Serangan rahasia terhadap target udara pemancar radio pada jarak menengah dan jauh;

– Serangan terhadap target darat dan permukaan laut dengan peluru kendali presisi tinggi tanpa memasuki zona pertahanan udara;

– Stabilitas pelacakan target yang tinggi;

– Operasi udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan secara simultan.

*Foto: Pesawat Tempur Su-35 Rusia. (@Dmitry Terekhov-Russian Federation).