Satu dari 18 Pesawat Tempur Rafale Telah Diterima Yunani

pesawat tempur Rafale

St-Cloud – Eric TRAPPIER, Ketua dan CEO Dassault Aviation, menjadi tuan rumah di Pusat Uji Penerbangan Penerbangan Dassault di Istres, dalam upacara pengiriman pesawat tempur pertama Rafale F3R untuk Angkatan Udara Yunani (HAF), di hadapan Menteri Pertahanan Yunani, Nikolaos Panagiotopoulos.

Pengiriman pertama ini berhasil dilakukan hanya 6 bulan setelah penandatanganan kontrak akuisisi untuk 18 pesawat tempur Rafale F3R  yang dipesan oleh Yunani, ungkap Dassault Aviation.com, Rabu, 21-7-2021.

Baca Juga:

Versi Tak Berawak Pesawat Tempur Checkmate, Siapa Minat ?

4 Pesawat Tempur Su-30SM Diterima Militer Kazakhstan di 2022

Menhan Prabowo Hadiri Peluncuran Prototipe Pesawat Tempur KF-X

jet tempur yunani

Penyerahan Pesawat Tempur Rafale Yunani (© Dassault Aviation – A. Bonfort)

Pesawat pertama ini, bersama dengan 5 Rafale dari Angkatan Udara Prancis (the French Air Force and Space), akan melatih pilot dan teknisi Angkatan Udara Yunani (HAF) di Prancis, sebelum dikerahkan ke pangkalan udara TANAGRA yang terletak di utara Athena di Boeotia, Yunani.

Kelompok pertama pilot HAF, yang telah dilatih selama beberapa bulan oleh Angkatan Udara dan Antariksa Prancis, dan 50 teknisi HAF akan bergabung dengan Pusat Pelatihan Konversi Penerbangan Dassault (CTC) di Mérignac, Prancis, untuk melanjutkan pelatihan mereka.

Baca Juga:

Rusia Garap Pesawat Tempur Siluman Bermesin Tunggal

4 Pesawat Tempur Sukhoi Bersiap Latihan Tempur

10 Pesawat Tempur Terpopuler, 4 Buatan Rusia

pesawat tempur Rafale 1

Pesawat Tempur Rafale Yunani (© Dassault Aviation – A. Bonfort)

Rafale akan melengkapi HAF dengan pesawat tempur multiperan generasi terbaru, yang memungkinkan Yunani untuk memastikan posisi geostrategisnya dalam kedaulatan penuh.

Penyerahan pesawat Rafale pertama adalah demonstrasi nyata dari tekad Prancis untuk memenuhi harapan pemerintah Republik Hellenic dan berpartisipasi aktif dalam kedaulatan negara.

Baca Juga:

Empat Pesawat Tempur Yang Perkasa

Indonesia-Prancis Bahas Pesawat Tempur Rafale

Rusia Garap Pesawat Tempur Modern Mesin Tunggal

Ini juga menggambarkan kualitas luar biasa dari kerjasama Dassault Aviation dengan Angkatan Udara Yunani, melalui lebih dari 45 tahun kemitraan yang solid dan tidak terputus.

pesawat tempur Rafale 3

Penyerahan Pesawat Tempur Rafale Yunani (© Dassault Aviation – A. Bonfort)

Dalam pidatonya, Kepala Staf Umum Pertahanan Nasional Yunani, Jenderal Konstantinos Floros mengatakan inovasi teknologi canggih dan kemampuan operasional yang ada di pesawat tempur Rafale akan memberikan hasil strategis bagi seluruh jajaran maskapai dan memastikan respons yang cepat dan efektif terhadap setiap ancaman yang muncul di dalam FIR Athena dan ke Mediterania Timur.

Baca juga:

F-16 TNI AU dan RSAF Latihan Intersep Pesawat Tempur

Ini Dia, Desain Pesawat Tempur Tak Berawak MIUS Turki

Mesir Pesan 30 Pesawat Tempur Rafale Tambahan

Acara penyerahan pertama pesawat Rafale ini juga dihadiri oleh perwakilan dari MBDA Missile Systems dan Safran Aircraft Engines.

*Foto: Pesawat Tempur Rafale Yunani (© Dassault Aviation – A. Bonfort)

Leave a Reply