Pertahanan Udara Pantsyr-S Suriah Tembak Jatuh Drone

Pada malam 27 Juli 2021 sistem pertahanan udara Suriah mendeteksi sebuah pesawat tak berawak yang diluncurkan oleh militan dari unit bersenjata ilegal dari komunitas Kafer-Khattar di Provinsi Idlib, Suriah.

Pasukan pertahanan udara Suriah yang disiagakan di Provinsi Hama menggunakan sistem Rudal Pantsyr-S telah menghancurkan pesawat tak berawak yang diluncurkan oleh unit-unit bersenjata ilegal, ungkap Wakil kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia dari Pihak-Pihak yang Berlawanan di Suriah, pada sebuah pengarahan hari Rabu, 29 Juli 2021, dikutip TASS.

“Pada malam 27 Juli 2021, sistem pertahanan udara Suriah mendeteksi sebuah Drone yang diluncurkan oleh militan dari unit bersenjata ilegal dari komunitas Kafer-Khattar di Provinsi Idlib. Drone itu dijatuhkan di Provinsi Hama oleh pasukan siaga dari Pertahanan udara Suriah yang menggunakan sistem Rudal Pantsyr-S produksi Rusia,” katanya, seraya mencatat bahwa pusat Rusia menyerukan kepada kepala unit bersenjata ilegal untuk meninggalkan kekerasan dan bergerak menuju penyelesaian situasi secara damai.

Karakteristik Pantsyr-S1

Pantsyr-S1 (Pantsir) adalah sistem pertahanan udara jarak dekat yang dirancang untuk mempertahankan instalasi darat dari berbagai senjata termasuk pesawat dan helikopter, Rudal balistik dan jelajah, amunisi berpemandu presisi, dan kendaraan udara tak berawak. Itu juga dapat menyerang target darat lapis baja ringan.

Pantsyr-S1 dirancang oleh Biro Desain Instrumen KBP Tula, Rusia, dan diproduksi oleh Pabrik Mekanik Ulyanovsk, Ulyanovsk, Rusia.

Pantsyr atau yang dikenal juga dengan SA-22 Greyhound menggabungkan 2 meriam antipesawat otomatis 2A38M 30mm yang dikembangkan dari meriam GSh-30 30mm dua laras.

Pertahanan Udara Pantsyr-S (@Russia Mil.ru)

Sistem Rudal / senjata pertahanan udara Pantsyr S1 dapat berfungsi di beberapa pita gelombang dan beroperasi pada sistem kontrol radar-optik adaptif multimode.

Sistem ini dirancang untuk menyerang semua jenis target, terutama senjata berpresisi tinggi. Pantsyr-S1 memiliki kemungkinan membunuh yang tinggi sekitar 0,7 hingga 0,95 terhadap semua target. Kemampuan tempur otomatisnya membuatnya beroperasi secara mandiri dan juga sebagai unit terpisah.

Jangkauan dari Alutsista sistem pertahanan udara ini berbeda-beda tergantung variannya : 20 km (Pantsir-S1), 30 km (Pantsir-S1M), 40 km (Pantsir-SM).

Pantsyr-S1 menggunakan Rudal 20 kg high-explosive fragmentation (57E6 missile) dan telah digunakan oleh sejumlah negara : Aljazair, Brasil, Iran, Irak, Yordania, Libya, Oman, Slovenia, Suriah, UEA, Vietnam dan Rusia.

*Foto: Pertahanan Udara Pantsyr-S (@Russia Mil.ru)