Rosoboronexport Teken Kontrak untuk Su-30SME Hingga Mi-35M

JakartaGreater – Rosoboronexport JSC (bagian dari Rostec State Corporation) menandatangani 13 kontrak ekspor alat utama sistem senjata/ Alutsista senilai lebih dari 1 Miliar Euro dalam Pameran Udara Internasional MAKS-2021, di Zhukovsky, Moksow, Rusia.

Rosoboronexport telah memanfaatkan potensi penuh MAKS-2021 dengan menandatangani 13 kontrak ekspor senilai lebih dari €1 miliar untuk pasokan produk militer Rusia di sela-sela pertunjukan udara,” ujar Direktur Jenderal Rosoboronexport, Alexander Mikheev.

Pada pameran MAKS-2021, pesawat tempur Su-30SME, helikopter Mi-35M dan Mi-17V-5, radar Protivnik-GE, Verba MANPADS, serta senjata udara canggih, sejumlah kendaraan lapis baja dan otomotif telah ditambahkan ke buku pesanan perusahaan dan rencana produksi pabrikan pertahanan Rusia”, ungkap Mikheev.

Helikopter Mi-171S. (@Rosoboronexport)

Dalam pameran MAKS 2021, Rosoboronexport mengadakan presentasi tentang pesawat, helikopter, pertahanan udara, dan sistem peperangan elektronik utama yang dipromosikan untuk lebih dari 30 delegasi dari 20 negara.

Selama negosiasi di MAKS-2021, mitra asing menyatakan minatnya untuk mengakuisisi pesawat tempur MiG-35D dan Su-30SME, pesawat angkut militer IL-76MD-90A(E), pesawat tanker IL-78MK-90A, Mi-28NE dan Ka -52 helikopter serang, angkut militer Mi-171Sh dan helikopter serba guna Ka-226T, serta sistem pertahanan udara, termasuk sistem SPAAGM Pantsir-S1, ungkap rilis Rosoboronexport, Jumat, 23-7-2021.

Sistem pertahanan udara Pantsir-S1. (@Rosoboronexport)

Dalam pembicaraan di sela-sela pertunjukan udara, Rosoboronexport membahas kemitraan industri di bidang produksi bersama dan lisensi pesawat tempur dan helikopter Rusia, serta modernisasi peralatan pesawat dengan pelanggan dari kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika dan CIS.

Kendaraan udara tempur tak berawak Orion-E. (@Rosoboronexport)

“Tak perlu dikatakan, mitra Rosoboronexport menjadi tertarik dengan pesawat taktis ringan Checkmate terbaru yang diluncurkan oleh Rostec di MAKS-2021. Sejumlah pelanggan ditunjukkan prototipe dari pesawat tempur siluman ringan Checkmate dan bahkan diberi kesempatan untuk duduk di kokpitnya. Mereka memuji karakteristiknya,” ujar Alexander Mikheev.

Pesawat IL-78MK-90A. (@Rosoboronexport)

Selain itu, Rosoboronexport dan Technodinamika menandatangani program bersama untuk mempromosikan peralatan parasut dan layanan penelitian dan pengembangan di pasar eksternal. Upacara penandatanganan dihadiri oleh Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov dan CEO Rostec Sergey Chemezov.