10 Tahun Roket RX-450 Lapan

https://www.youtube.com/watch?v=NBGkWVc2MIk

Seorang rekan Warjag memposting link Peluncuran roket RX-450 Lapan dan dikatakan sukses. Saya pun langsung membuka link tulisan Lapan tersebut. Bolak balik saya lihat tanggalnya. Diposting 14 Mei 2015. Saya tetap tidak percaya…saya lihat lagi baik-baik tanggalnya. Tetap sama 14 Mei 2015. Apa mungkin, pikir saya…

Gambar yang ditampilkan pun minin, satu foto kecil, yang terkesan foto dokumentasi. Saya pun meng-copy paste tulisan itu ke jakartagreater.com. Saya tambahkan Nb: Photo minim.

Untunglah ada rekan John thebroer yang merespon dan memberikan link video dari peluncuran roket rx-450 itu.

Lewat oninstagram.com, wiwiekdewi mengabadikan video peluncuran roket rx-450. Saya periksa tanggalnya, masih baru. Diupload tanggal 13 Mei 2015.

Ini tulisannya:

wiwiekdewi
Uji terbang RX450. Yeay…. we did it again teman2. Hidup Indonesia! Hidup LAPAN!!

Saya mulai bersemangat, wah benar nih saya pikir dalam hati. Saya semakin yakin setelah tanggal 12 Mei 2015, wiwiekdewi, memposting gambar roket rx-450 yang akan diterbangkan.

RX450. Berat propelan 765 kg. Jarak jangkau diperkirakan lebih dari 100km. Inshaa Allah besok 13 Mei 2015 akan meluncur. Mohon doanya.
(photo: wiwiekdewi)

Ini komentarnya pada tulisan itu:

wiwiekdewi

RX450. Berat propelan 765 kg. Jarak jangkau diperkirakan lebih dari 100km. Inshaa Allah besok 13 Mei 2015 akan meluncur. Mohon doanya.

Dengan dua data itu, saya menjadi yakin rx-450 telah diluncurkan dan tampaknya berhasil, terbang sesuai lintasannya. Mantap banget.

Saya pun, tiba tiba berpikir ke belakang. Gila, pikir saya. 10 tahun lamanya saya menunggu momen ini. Ya 10 tahun. Cukup lama tapi tidak terasa.

Dulu sekitar tahun 2004-2005, Saya mendapatkan video liputan dari kontributor Garut, untuk tv berita “Burung Elang”, tentang peluncuran roket lapan di Pameungpeuk..

Saya pun mengangkat video itu menjadi tayangan 30 menit dalam program Metro Highlights. Untuk dibuat dokumentasi, video roket Lapan itu kurang indah, karena roketnya kecil. Saya pun akhirnya mengkombinasikan dengan roket-roket buatan India, AS dan Rusia. Untuk mendapatkan visual yang Indah.

Program itu saya promokan dengan visual menggabungkan roket lapan dan roket India, AS dan Eropa. Secara visual indah, tapi saya berpikir, apa kira kira reaksi lapan atas tayangan ini. Kalau hanya menampilkan roket lapan dalam durasi 30 menit, tidak akan menarik bagi orang umumnya.

Program itupun akhirnya tayang. Seminggu kemudian Lapan mengontak kantor saya dan mengatakan ingin berkunjung. Kami pun welcome.

Sesampainya di kantor, pimpinan Lapan mengucapkan terima kasih atas tayangan itu, karena langsung mendapatkan respon positif dari sejumlah negara yang mengajak kerjasama. Kami pun diberi cinderamata miniatur roket Lapan.

Saat itu, saya berbincang-bincang dengan orang Lapan yang mengatakan selongsong roket rx-450 belum bisa dibuat di Indonesia, karena terlalu besar. Mereka akan mencobanya ke Krakatau Steel.

Tak lama kemudian saya baca berita, krakatau Steel membuat badan roket rx-450.

Pada tahun 2007, saya pindah kerja dan tetap di televsi berita “Bang One”.

Saya terus mengikuti perkembangan roket Lapan ini. Kapan RX-450 ini meluncur. Pikir Saya.

Kabar gembira datang bahwa RX-450 akan diluncurkan dari Pameungpeuk Garut. Kami pun mengirim mobil satelit (SNG), ke Garut, agar bisa menyiarkan langsung peluncuran RX-450.

Roket RX-450 memang meluncur, tapi setelah beberapa saat, roket tersebut, melintir, keluar dari lintasannya dan bergerak di udara seperti, lalat yang kehilangan satu sayap.

Saya pun merasa sedih. Nozzle RX-450 tidak bekerja dengan semestinya.

Saya semakin pesimis tahun 2014, dicanangkan akan diluncurkannya RX-450, di akhir masa jabatan Pak SBY.

Menjelang akhir tahun 2014, saya baca berita Lapan sedang menguji statis roket RX-450. Saya pikir, urusan nozzle dan propelan belum beres.

Betul saja. Pada tahun 2014, roket RX-450 tidak meluncur seperti yang ditargetkan. Saat itu Kementerian Pertahanan sangat menggebu, mendorong kinerja Lapan.’

Pemerintahan pun berganti. Saya pun semakin pesimis. Di pemerintahan yang baru, semua bisa berubah. Indonesa style. Ganti pejabat, ganti kebijakan dan ganti fokus pekerjaan.

Dugaan saya meleset. Ternyata Lapan terus bergerak memperbaiki desain dan propelan RX-450.

14 Mei 2015. Saya membaca berita, RX-450 meluncur dengan mulus. Saya pun telah melihat videonya dari instagram wiwiekdewi. Terharu juga saya.

Saya menunggu 10 tahun, untuk peristiwa ini.

Maju terus Lapan. Banyak orang yang menunggu dan mendukung Anda.