4 KRI Hadang Manusia Perahu

Manusia Perahu Pencari Suaka

Jakarta. Manusia perahu dari Bangladesh dan Rohignya, Myanmar sedang mengapung-apung di lautan menuju Malaysia, Indonesia dan Thailand. TNI pun menyiagakan Angkatan Laut dengan 4 KRI dan 1 pesawat Casa untuk menghalau pengungsi tanpa dokumen masuk ke Indonesia.

“Jadi begini, hari ini ada 4 Kapal AL, kapal perang, yang berpatroli di perairan utara Sumatera, Aceh dan Sumut,” jelas Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Fuad Basya saat dihubungi, Senin (18/5).

Selain 4 KRI, Fuad menambahkan patroli juga dilakukan TNI AL melalui udara dengan mengerahkan 1 pesawat Cassa. Dia menjelaskan, biasanya, di kawasan utara Sumatera, hanya dijaga 1 KRI yang berpatroli. “Sejak kita mengetatkan patroli, tak ada kapal yang mendekat. Mungkin mereka melihat sendiri kapal kita. Kemarin ada 1 kapal patroli yang melihat 1 kapal mendekat, namun kemudian tidak jadi masuk,” jelasnya.

Lantas, apa instruksi dari atasan? “Jadi begini, tugas dan tanggung jawab TNI itu menjaga kedaulatan negara di laut, darat dan udara, agar jangan sampai ada orang ke Indonesia masuk tanpa dokumen dan izin yang sah. Makanya mereka (4 KRI) berpatroli di sana,” jawab Fuad.

BisnisMedan