Jet Tempur Su-57 Dirancang untuk Kendalikan Drone Okhotnik

Jet tempur Su-57 generasi kelima Rusia akan dirancang dalam modifikasi 2 kursi untuk mengendalikan sekelompok drone tempur Okhotnik, ungkap sumber industri pertahanan Rusia.

“Untuk mengendalikan drone Okhotnik canggih, varian komando dua kursi Su-57 akan dibuat. Jet tempur, yang sudah dalam pengembangan, diperkirakan akan mengendalikan sekitar 4 drone Okhtonik,” kata sumber itu kepada TASS, 27-7-2021.

TASS belum mendapatkan konfirmasi resmi tentang laporan tersebut. Meski demikian, sebelumnya, seperti yang dikatakan oleh kantor pers United Aircraft Corporation (UAC) Rusia kepada TASS, drone Okhotnik terbaru akan menyerang target udara dan darat dalam interaksi jaringan dengan pesawat tempur Su-57.

Dalam pekerjaan drone Okhotnik bersama dengan pesawat tempur generasi kelima, drone Okhotnik akan menangani berbagai tugas, menyerang target udara dan darat di bawah komando pilot Su-57.

Sukhoi Su-57 adalah pesawat tempur multiperan generasi kelima buatan Rusia yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target udara, darat, dan laut.

Jet tempur Su-57 memiliki fitur teknologi siluman dengan penggunaan material komposit yang luas, mampu mengembangkan kecepatan jelajah supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik onboard paling canggih, termasuk komputer onboard yang kuat (yang disebut pilot kedua elektronik), sistem radar tersebar di seluruh tubuhnya dan beberapa inovasi lainnya, khususnya, persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawatnya.

Angkatan Bersenjata Rusia menerima pesawat tempur Su-57 pertama pada tahun 2020. Drone serang berat Okhotnik melakukan penerbangan debutnya pada 3 Agustus 2019.

Penerbangan berlangsung lebih dari 20 menit di bawah kendali operator. Pada 27 September 2019, Okhotnik melakukan penerbangan bersama dengan jet tempur generasi kelima Su-57.

Drone bermanuver di udara dalam mode otomatis pada ketinggian sekitar 1.600 meter dan penerbangannya berlangsung selama 30 menit. Pengiriman serial drone serang berat Okhotnik ke pasukan Rusia dijadwalkan akan dimulai pada 2024.

*Foto: Pesawat tempur Su-57 Rusia. (@UAC Russia)