Satu Target Dicegat di Uji Sistem Pertahanan Rudal Aegis AS

“Berdasarkan pengamatan awal, 1 target berhasil dicegat. Saat ini, kami tidak dapat memastikan target kedua hancur,” kata MDA.

JakartaGreater   – Militer AS telah melakukan uji coba Sistem Pertahanan Rudal Balistik Aegis dan berhasil mencegat setidaknya satu target, kata Badan Pertahanan Rudal AS (MDA).

“Badan Pertahanan Rudal AS, bekerja sama dengan Angkatan Laut AS, melakukan Flight Test Aegis Weapon System 33 (FTM-33) di wilayah laut luas Barat Laut Hawaii, 24 Juli 2021.

Tujuan FTM-33 adalah untuk mencegat serangan dua target Rudal Balistik Jarak Pendek dengan empat rudal Standard Missile-6 Dual II.

Berdasarkan pengamatan awal, satu target berhasil dicegat. Saat ini, kami tidak dapat memastikan target kedua dihancurkan, ungkap MDA.mil, yang dikutip US Navy, 24-7-2021.

FTM-33 adalah misi paling kompleks yang dijalankan oleh MDA (serangan 2 target uji dan 2 salvo SM-6 Dual II yang terdiri dari 4 Rudal).

Kegiatan ini adalah uji terbang ketiga dari kapal yang dilengkapi Aegis BMD menggunakan rudal SM-6 Dual II. FTM-33 yang semula dijadwalkan Desember 2020, ditunda karena pembatasan pergerakan personel dan peralatan yang dimaksudkan untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Pejabat program akan terus mengevaluasi kinerja sistem berdasarkan data yang diperoleh selama pengujian.

Kapal tembak untuk uji coba tersebut adalah USS Ralph Johnson (DDG 114).

File: USS Ralph Johnson (DDG 114) transit di Pacific. (@ PO3 Andrew Langholf – US Navy – Dvidshub.net)

Rudal SM-6 Dual II dirancang untuk digunakan dalam fase terminal lintasan rudal balistik jarak pendek hingga menengah.

Misi MDA adalah untuk mengembangkan dan menyebarkan Sistem Pertahanan Rudal berlapis untuk mempertahankan AS, pasukan yang dikerahkan, sekutu, dan teman-temannya dari serangan rudal dari semua rentang di semua fase penerbangan.

*Foto: dok. Standard Missile-3 (SM-3) diluncurkan dari kapal perang Aegis cruiser US Navy yang menjadi bagian tes dariMissile Defense Agency’s latest Ballistic Missile Defense System (BMDS) AS. (@US Navy).