Rudal Generasi Baru India Cegat Ancaman Udara Kecepatan Tinggi

Defense Research and Development Organization (DRDO) India sukses melakukan uji terbang Rudal Akash Generasi Baru (Akash-NG) yang dilakulan di Integrated Test Range, Chandipur di lepas pantai Odisha, pada pukul 11.45, pada 23 Juli 2021.

Pengujian ini dilakukan terhadap target udara tak berawak berkecepatan tinggi yang berhasil dicegat oleh Rudal, ungkap DRDO India.

Uji terbang telah memvalidasi fungsi sistem senjata lengkap yang terdiri dari Rudal dengan RF Seeker, Launcher, Radar Multi-Fungsi dan sistem Command, Control & Komunikasi yang dikembangkan secara lokal.

Rudal Generasi Baru India Cegat Ancaman Udara Kecepatan Tinggi. (@DRDO)

Tes dilakukan di tengah kondisi cuaca buruk yang membuktikan kemampuan sistem senjata segala cuaca.

Kinerja sistem divalidasi melalui data yang ditangkap oleh sejumlah sistem Pelacakan Radar, Telemetri, dan Elektro Optik yang digunakan oleh ITR, Chandipur.

Sebuah tim Perwira Angkatan Udara India menyaksikan tes itu.

Pada 21 Juli 2021, Rudal itu juga berhasil diuji terbang tanpa Seeker dan pencari memenuhi semua persyaratan misi yang ditetapkan.

Menteri Pertahanan India Shri Rajnath Singh mengucapkan selamat kepada DRDO, Angkatan Udara India, dan Industri pertahanan atas keberhasilan uji terbang kedua Rudal Akash-NG dalam rentang 3 hari.

Dia mengatakan pengembangan sistem Rudal canggih ini akan terbukti menjadi pengganda kekuatan untuk kemampuan pertahanan udara Angkatan Udara India.

Sekretaris, R&D Departemen Pertahanan dan Ketua DRDO Dr G Satheesh Reddy mengucapkan selamat kepada tim atas keberhasilan uji coba Akash NG yang mampu mencegat ancaman udara berkecepatan tinggi dan gesit.