SAAB Rombak Sistem Manajemen Tempur Fregat Brandenburg Class

Saab telah menandatangani kontrak dengan Kantor Federal Jerman untuk Peralatan Militer Bundeswehr, BAAINBw dan telah menerima perintah untuk mengirimkan dan mengintegrasikan radar laut baru dan alat pengendalian tembakan untuk Fregat Angkatan Laut Jerman, Brandenburg class (F123 / Type 123).

Kontrak ini mencakup sistem manajemen tempur baru untuk merombak total sistem yang saat ini digunakan pada fregat Type 123 Brandenburg Class, yang nantinya memungkinkan integrasi risiko rendah dari radar angkatan laut baru dan kemampuan pengendalian tembakan. Nilai kontrak sekitar 4,6 miliar SEK. Pengiriman dan layanan lainnya akan berlangsung antara tahun 2021 dan 2030.

Saab akan menjadi kontraktor utama dan akan mengontrak galangan kapal Jerman Abeking & Rasmussen untuk pekerjaan pembuatan kapal sementara perusahaan Jerman ESG akan melakukan dukungan logistik, dirilis SAAB, 30-7-2021.

“Kami bangga bahwa Jerman telah memilih Saab sebagai penyedia sistem tempur dan integrator untuk fregat yang akan dirombak. Kami berharap dapat berkontribusi untuk memperkuat kemampuan integrasi sistem tempur domestik Jerman, menciptakan proporsi nilai dan penyediaan layanan yang tinggi di Jerman. Ini kontrak akan semakin memperkuat hubungan kami dengan Jerman selama bertahun-tahun yang akan datang,” kata Micael Johansson, Presiden dan CEO Saab.

Kontrak ini mencakup pengiriman dan integrasi Sistem Manajemen Tempur 9LV Saab, radar Sea Giraffe 4A dan Sea Giraffe 1X, pengendalian arah tembakan Cero 200 serta sistem pihak ketiga, termasuk kemampuan IFF. Ini juga mencakup paket logistik berbasis kinerja yang komprehensif yang mendukung kemampuan operasional fregat.

Frigate Mecklenburg-Vorpommern F218 Brandenburg-class. (@ Keine – commons.wikimedia.org)

Fregat Brandenburg-class

F123 Brandenburg class adalah fregat Jerman yang dipesan oleh Angkatan Laut Jerman pada bulan Juni 1989, dan kemudian selesai dan ditugaskan antara tahun 1994 dan 1996 untuk menggantikan kapal perusak kelas Hamburg.

Fregat ini fungsi utamanya melakukan perang anti-kapal selam, tetapi mereka juga berkontribusi pada pertahanan perang anti-pesawat, komando taktis skudron, dan operasi perang permukaan-ke-permukaan. Desain fregat ini mencakup beberapa fitur siluman.

Saat F123 class saat ini sedang ditingkatkan kemampuannya di bawah naungan proyek Fahigkeitsanpassung FüWES (FAF).

Komponen utama yang ditingkatkan di bawah program ini adalah Sistem Manajemen Tempur, di mana versi sistem TACTICOS Thales Nederland akan digunakan.

Kapal juga akan menerima upgrade IFF, ke sistem radar sekunder EADS MSSR 2000 I. Namun, radar utamanya, khususnya radar pencarian 2D jarak jauhnya, Thales Nederland LW08, dan radar pengawasan 3D jarak menengahnya, Thales Nederland SMART-S, akan tetap ada.

Kapal-kapal itu akan menerima sonar aktif frekuensi rendah.