Ukraina Optimis Indonesia Akan Beli Sistem Rudal Neptunus

Oleg Korostelov, perancang umum Biro Desain LUCH, memaparkan dalam sebuah wawancara dengan Novinarny bahwa Indonesia melanjutkan negosiasi dan tertarik untuk memiliki sistem Rudal Neptunus (RK-360MC Neptune). Ada 2 negara lagi, tetapi negosiasi dengan mereka masih awal yang sangat mentah, dan terlalu dini untuk membicarakannya,” ujar Korostelov yang dikutip media Depo.ua, 21 Juli 2021.

Oleg Korostelov mencatat bahwa negosiasi akuisisi sedang berlangsung di berbagai tahap. Kemajuan terbesar sekarang adalah dengan Indonesia, yang telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang penyediaan sistem Rudal pantai mobile RK-360MC Neptune.

“Indonesia melanjutkan negosiasi, mereka tertarik dengan Neptunus kita. Ada 2 negara lagi, tetapi negosiasi dengan mereka masih awal yang sangat mentah, dan terlalu dini untuk membicarakannya,” kata Korostelov.

Dengan demikian, Indonesia dapat menjadi pembeli asing pertama kompleks Neptunus yang diadopsi oleh Angkatan Bersenjata Ukraina pada 23 Agustus 2020.

RK-360MC Neptune adalah sistem Rudal pertahanan peisir anti-kapal Ukraina yang dikembangkan oleh biro desain Luch.

RK-360MC Neptune menggunakan Rudal jelajah anti-kapal R-360, versi Kh-35 Rusia. Secara umum mirip dengan Kh-35U, tetapi memiliki bodi lebih panjang dengan bahan bakar lebih banyak, booster lebih besar, dan beberapa modifikasi lainnya.

Rudal ini pertama kali diumumkan pada tahun 2013. Contoh pertama dilaporkan selesai dan diuji pada tahun 2016. Rudal ini memiliki jangkauan hingga 280 km.

Sistem Rudal Neptunus. (@Ukraine Ministry of Defence)

Sistem ini bisa dibawa dan diluncurkan dari platform angkatan laut, darat dan udara. Pengembangan Rudal anti-kapal Neptunus selesai pada 2019. Uji coba militer Ukraina terhadap Rudal ini selesai pada 2020. Pada 2021, sistem pra-produksi dikirim ke militer Ukraina.

Sebelum runtuhnya Uni Soviet ada rencana USSR untuk memproduksi Rudal Kh-35 di Ukraina. Namun pengembangan Rudal mendahului akhir Perang Dingin dan runtuhnya Uni Soviet. Akibatnya, Kh-35 tidak pernah memasuki layanan Soviet, dan pertama kali diproduksi di Rusia hanya pada pertengahan 1990-an.

Jadi kemungkinan besar Ukraina memiliki semua dokumentasi teknis untuk Rudal ini. Selanjutnya Ukraina memproduksi mesin dan beberapa komponen lain untuk Rudal Kh-35 Rusia, ungkap Military Today.

RK-360MC Neptune adalah kompleks Rudal jelajah anti-kapal yang dirancang untuk menghancurkan kapal perang penjelajah, perusak, fregat, korvet, kapal pendarat, kendaraan pendaratan tank, yang beroperasi dalam kondisi segala cuaca yang juga dilengkapi penangkal elektronik musuh.

*Foto: Sistem Rudal RK-360MC Neptune (@Ukraine Ministry of Defence)