Setelah 20 Tahun, Tank Belanda kembali ke Area Penyebaran

Kementerian Pertahanan Belanda menyebarkan tank ke luar negeri untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir.

Hari Sabtu, 31-7-2021 tank tempur utama Leopard 2A6 Belanda tiba di Lithuania. Kontribusinya adalah untuk penyebaran Forward Presence (eFP) NATO yang ditingkatkan.

Tank-tank itu tiba di Gaizunai pagi hari dengan kereta api dari Jerman. Dari sana mereka mengambil jalan ke barak di dekat Rukla. Itu adalah markas dari Grup Pertempuran Multinasional di Lituania, di mana Belanda menjadi bagiannya, ungkap Kementerian Pertahanan Belanda.

Jadi Belanda memiliki tank di area penyebaran lagi, dan itu cukup istimewa: “Ini adalah pertama kalinya dalam hampir 20 tahun senjata tank bergerak maju lagi di area penyebaran,” kata Letnan Kolonel De Borst, komandan militer Belanda di Lituania.

“Untuk waktu yang lama, Tentara Kerajaan Belanda harus kehilangan senjata tank. Dan itu tidak hanya menyakitkan sebagai pasukan kavaleri. Tank termasuk, dari dulu dan hingga kini, masuk ke kotak peralatan militer.”

Tank Tempur Utama Leopard 2A6 Belanda. (@Dutch Ministry of Defence)

Pasukan yang Lengkap

MTank Leopard 2A6, bersama dengan prajurit infanteri, insinyur, dan tentara medis, tergabung dalam tim tempur Belanda. Brigade Mekanis 43 dari Havelte memasok hampir semua personel. Selanjutnya, kendaraan tempur CV-90, Boxer, kendaraan pengintai Fennek dan tangki pemulihan Buffel dikerahkan.

“Ini adalah eFP Battlegroup yang paling lengkap hingga saat ini. Sebuah langkah kecil untuk Battlegroup ini, tetapi sebuah langkah besar bagi Tentara Kerajaan Belanda,” kata de Borst.

Bagian pertama dari militer Belanda tiba di Lituania minggu lalu. Sisanya akan segera menyusul. Ada lebih dari 250 orang Belanda yang bekerja di Negara Baltik ini. Rotasi Belanda ke-10 ini akan berlangsung selama enam bulan.

Negara-negara lain yang saat ini menjadi bagian dari kehadiran NATO di Lituania adalah Jerman, Belgia, Islandia, Luksemburg, Norwegia, dan Republik Ceko. Selain Belanda, Jerman dan Norwegia juga memiliki tank dalam persenjataan mereka dalam rotasi ini. Selanjutnya, berbagai negara yang berpartisipasi menyediakan petugas staf, infanteri, pramuka, artileri, insinyur, petugas medis dan logistik.

Tank Tempur Utama Leopard 2A6 Belanda. (@Dutch Ministry of Defence)

Kembali Beroperasi

Kementerian Pertahanan Belanda pernah memiliki hampir 1.000 tank, tetapi ini telah dihapus dalam beberapa dekade terakhir. Pada tahun 2011, tindakan terakhir dilakukan dan sebagian besar tank terjual.

Pada 2015, tentara kembali membentuk peleton untuk retensi pengetahuan. Pada tahun 2017, peleton ini bergabung dengan Batalyon Tank 414 Jerman-Belanda, yang berada di bawah Brigade Mekanik 43.

Belanda menempatkan skadron ke-4 dalam batalion tank ini. Unit ini ditempatkan di Bergen-Lohheide dan memiliki 18 tank yang dapat digunakan sepenuhnya.

Sejumlah kavaleri dari unit ini sekarang dikerahkan untuk pertama kalinya dengan tank mereka di Lithuania.

*Foto: Tank Tempur Utama Leopard 2A6 Belanda. (@Dutch Ministry of Defence).