Jerman Siapkan Kapal Selam Type 218SG Singapura

ks singapura

TKMS Jerman mengungkapkan data teknis kapal selam konvensional tipe baru untuk Singapura Navy. Kedua unit kapal selam akan selesai pada tahun 2025. Mereka akan menggantikan kapal selam yang beroperasi hampir 50 tahun, Challenger Class, eks Swedia.

Pada pameran IMDEX Asia 2015, TKMS Jerman memberikan beberapa rincian teknis tentang kapal selam baru konvensional Jenis 218SG. Seperti kita ketahui, berdasarkan permintaan dari Angkatan Laut pada tahun 2013, Singapura telah mengambil keputusan untuk membeli setidaknya dua unit kapal selam dari galangan kapal Howaldtswerke-Deutsche Werft, Jerman. Pabrikan asal Jerman mengalahkan penawar lainnya termasuk galangan kapal Kockums, Swedia.

Kapal selam baru Angkatan Laut Singapura ini dibangun di galangan kapal HDW di Kiel, Jerman utara. Pada IMDEX Asia 2015, diketahui bahwa Jenis 218SG akan memiliki panjang 70 meter dan lebar 6,3 meter. Berat di permukaan 2.000 ton, yang mengangkut total 28 perwira dan pelaut. Kecepatan dan jangkauan masih belum diketahui. Kapal ini dirancang untuk membawa torpedo kelas berat dan bisa menembakkan rudal jelajah. Tabung torpedo juga akan digunakan untuk pendaratan pasukan dan kendaraan selam laut dalam, untuk pasukan khusus.

Kapal selam 218SG akan memiliki delapan tabung torpedo 533-mm, dilengkapi dengan AIP dan menggunakan ekor kemudi berbentuk X. Nilai kontrak diperkirakan melebihi 1 miliar euro.

ks-singapura-2

Tugas utama akan mencakup patroli kapal selam di perairan yang dikontrol oleh Singapura dan melindungi zona ekonomi eksklusif. Kapal ini juga dapat digunakan untuk observasi dan analisis lingkungan laut, deteksi dan penghapusan ranjau laut, tugas pengintaian dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh tentara di wilayah pesisir.

Kapal selam pertama Jenis 218SG akan selesai pada tahun 2020. Kapal akan bertugas di Angkatan Laut Singapura, dua tahun kemudian, setelah melewati tes laut penerimaan dan uji akhir, serta penyelesaian program pelatihan untuk kru. Kedua unit harus operasional tahun 2025.

Kapal selam baru akan menggantikan dua kapal selam Singapore Navy yang kini beroperasi: dua kapal selam kelas Archer (1.400 ton) eks kapal selamSwedia Västergötland class, yang berusia hampir 30 tahun, RSS Archer (ex-HMS Halsingland) dan RSS Swordsman (ex-HMS Vstergotland) .

(Altair)

Sharing

Tinggalkan komentar