Upgrade Bomber Strategis TU-160

Rusia menargetkan penyelesaian upgrade besar dari armada pembom strategis Tupolev Tu-160 ‘Blackjack’, lebih awal dari yang diumumkan sebelumnya, dengan pesawat terakhir diserahkan ke angkatan udara di tahun 2019.

Upgrading ini ditujukan untuk mengganti semua peralatan pesawat era Sovyet dengan sistem modern, yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, sekarang telah selesai, yakni memperkuat persenjataan pesawat pembawa nuklir ini untuk mampu membawa 12 rudal jelajah konvensional Raduga Kh-555 NPO (AS-15 ‘Kent’) dan bom dipandu laser. Uprade pesawat yang pertama pesawat telah disampaikan kembali ke angkatan udara pada bulan April 2008.

Tahap kedua difokuskan pada penggantian radar, serta navigasi dan sistem komunikasi elektronik. Penerbangan pertama dari Tu-160 dilengkapi dengan sistem baru dari Kazan Aircraft Plant (Kapo) timur Moskow pada bulan November 2014. Mesin pesawat juga akan ditingkatkan yang diupayakan di kemudian hari.

Menurut kantor berita Tass, Direktur pusat desain Gorbunov Kazan Aviation Production, Boris Naishuler mengatakan pada 26 Mei bahwa program modernisasi ke 16 pembom angkatan udara sekarang diharapkan selesai pada 2019, bukan 2020 seperti yang dinyatakan sebelumnya.

Bomber baru PAK-DA Rusia diperkirakan akan melakukan penerbangan perdananya pada 2019, sebelum dimasukkan ke dalam layanan di 2023-25, untuk menggantikan Tu-160, Tu-22M3 ‘Backfire’, dan platform Tu-95 ‘Bear.

IHS Jane