AS Butuh Rekan Petarung di Laut China Selatan

Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat, Ash Carter, meminta dana 18 juta dollar Amerika Serikat untuk membantu Vietnam membeli kapal patroli, setelah satu kapal penjaga pantai Vietnam dirusak oleh kapal Cina di Laut Cina Selatan.

Carter yang dalam kunjungan 11 hari di Asia-Pasifik sempat mengunjungi markas angkatan laut Vietnam dan markas penjaga pantai. Dia berencana menandatangani visi kerja sama dengan Vietnam sebagai panduan untuk mengembangkan ikatan militer bilateral.

“Kita harus memperbaiki kerja sama,” kata Carter saat berada di kota Hai Phong. “Setelah 20 tahun, ada banyak hal yang bisa kita kerjakan bersama-sama.”, seperti diberitakan Reuters.

Dan sebagai bagian dari usaha tersebut, Washington akan menyediakan 18 juta dollar untuk membantu Vietnam membeli kapal patroli Metal Shark buatan Amerika Serikat yang akan membantu meningkatkan kemampuan pertahanan maritim Hanoi.

Menurut Carter, beberapa negara, termasuk Vietnam, mereklamasi di pulau-pulau Laut Cina Selatan. Tetapi Cina melakukan reklamasi besar-besaran yang membuat negara lain bertanya-tanya niat Beijing.

Tahun lalu, kapal penjaga pantai Vietnam ditembak dengan meriam air dan ditabrak oleh kapal Cina. Insiden ini terjadi setelah Cina memindahkan pompa pengebor minyak ke perairan yang diklaim oleh Vietnam. Pompa tersebut berada di wilayah itu selama dua bulan dengan dikawal oleh kapal angkatan laut Cina.

Poskotanews.com

Sharing

Tinggalkan komentar