Amerika Serikat Setuju Upgrade Pesawat Tempur F-16 Yunani

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah membuat keputusan menyetujui kemungkinan Materi Keberlanjutan dan Services peralatan terkait Pesawat tempur F-16 dengan perkiraan biaya $270 juta kepada Pemerintah Yunani untuk .

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSAA) AS menyampaikan sertifikasi yang diperlukan dan memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan itu, pada Selasa, 3/8/2021, ungkap Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) AS.

Baca Juga:

Rusia Garap Pesawat Tempur Siluman Bermesin Tunggal

4 Pesawat Tempur Sukhoi Bersiap Latihan Tempur

10 Pesawat Tempur Terpopuler, 4 Buatan Rusia

Pemerintah Yunani telah meminta untuk membeli layanan dukungan teknis dan logistik dari Pemerintah AS dan kontraktor untuk Program Integritas Struktural Pesawat (ASIP), F-16 Aircrew Training Device (ATD), PLow Altitude Targeting and Infrared for Night ( LANTIRN), dan program pendukung Pod Pengintaian (RECCE); perangkat lunak pesawat terbang yang rahasia dan tidak rahasia; Dukungan perangkat lunak Sistem Distribusi Informasi Multifungsi (MIDS); Dukungan Perangkat Lunak Perencanaan Misi Bersama (JMPS); partisipasi dalam Electronic Combat International Security Assistance Program (ECISAP), International Engine Management Program (IEMP), dan kelompok koordinasi teknis; modifikasi dan dukungan perangkat keras dan perangkat lunak pesawat dan mesin; suku cadang dan perbaikan/pengembalian suku cadang dan peralatan; pelatihan personel dan peralatan pelatihan; publikasi, manual, dan dokumentasi teknis; dan elemen terkait lainnya dari perawatan pesawat dan dukungan program. Nilai total diperkirakan adalah $ 270 juta.


Pesawat Tempur F-16 Yunani.(@Hellenic Air Force)

Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat dengan membantu meningkatkan keamanan sekutu NATO, yang merupakan mitra penting bagi stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di Eropa.

Baca Juga:

Versi Tak Berawak Pesawat Tempur Checkmate, Siapa Minat ?

4 Pesawat Tempur Su-30SM Diterima Militer Kazakhstan di 2022

Menhan Prabowo Hadiri Peluncuran Prototipe Pesawat Tempur KF-X


Pesawat Tempur F-16 Yunani.(@Hellenic Air Force)

Penjualan yang diusulkan akan meningkatkan kemampuan Yunani untuk menghadapi ancaman saat ini dan masa depan dengan memberikan dukungan logistik yang gesit untuk program pesawat tempur F-16, yang mencakup aspek pelatihan awak pesawat dan perawatan pesawat.

Kemampuan untuk memberikan tingkat dukungan ini pada program F-16 akan meningkatkan interoperabilitasnya dengan pasukan NATO dan meningkatkan kemampuannya untuk menyediakan keamanan perbatasannya.

Yunani telah menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk memodernisasi militernya dan tidak akan kesulitan menyerap dukungan dukungan tambahan ini ke dalam angkatan bersenjatanya.

Usulan penjualan layanan ini tidak akan mengubah keseimbangan dasar militer di wilayah tersebut.

Kontraktor utama untuk penjualan yang diusulkan ini adalah L3/Harris International, Melbourne, Florida; Lockheed- Martin Aero Corporation, Fort Worth, Texas; Collins Aerospace, Charlotte, Carolina Utara; Northrop Grumman Corporation, Gereja Falls, Virginia; Perusahaan Raytheon, Waltham, Massachusetts; dan Atec, Incorporated, Houston, Texas. Pembeli biasanya meminta offset. Setiap perjanjian offset akan ditentukan dalam negosiasi antara pembeli dan kontraktor.

*Foto: Pesawat Tempur F-16 Yunani.(@Hellenic Air Force)

.