Butuh Howitzer M109A6 Paladin, Taiwan Kucurkan Rp 10,76 Triliun

Alutsista – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah membuat keputusan yang menyetujui Penjualan alat utama sistem senjata (Alutsista) kepada Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei (Taiwan) di Amerika Serikat (TECRO), untuk howitzer swa-gerak beroda rantai, Self-Propelled Howitzer (SPH) M109A6 Paladin 155 mm beserta peralatan terkait dengan perkiraan biaya $750 juta atau Rp 10,76 triliun.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS menyampaikan sertifikasi yang diperlukan kepada Kongres tentang kemungkinan penjualan ini, pada Rabu, 4-8-2021, ungkap Defense Security Cooperation Agency (DSCA) AS.

Paladin M109A6
Howitzer Swa-Gerak M109A6 Paladin. (@Sgt.Juanita Philip – commons.wikimedia)

TECRO Taiwan telah meminta untuk membeli 40 Sistem Howitzer Self-Propelled Medium 155mm M109A6; 20 Kendaraan Pendukung Amunisi Artileri Lapangan M992A2 (FAASV); 1 Advanced Field Artillery Tactical Data System (AFATDS); 5 kendaraan Hercules M88A2;  5 senapan mesin M2 Chrysler Mount kaliber .50; dan 1.698 Precision Guidance Kits (PGK) multi-opsi.

M992A2 FAASV
Kendaraan Pendukung Amunisi Artileri Lapangan M992A2 (FAASV). (@Quentin Johnson – US Army)

Kontrak ini juga termasuk perbaikan M109A6/M992A2, layanan konversi dan perbaikan; Penerima Sistem Pemosisian Global (GPS) Pertahanan Tingkat Lanjut; AN/VVS(2) Night Driver’s Viewer (NDV); Unit Referensi Dinamis Sistem Navigasi Inersia Pengganti Hibrida; Dukungan Teknis; Suku cadang dan perbaikan; peralatan pendukung komunikasi; integrasi peralatan komunikasi; jaring kamuflase; 155mm M232A1 Propelling Charges, M82 Percussion Primer Fuzes, peralatan pendukung, integrasi dan dukungan pengujian.

Single Channel Ground and Airborne Radio System (SINCGARS); senjata mesin M2A1 Browning kaliber.50; 2 Pasang Senapan Mesin MK93 MOD; Peluncur Granat Asap M239, bantuan teknis perwakilan pemerintah AS, layanan dukungan rekayasa dan elemen dukungan logistik terkaitlainnya. Total perkiraan biaya program adalah $750 juta.

Penjualan yang diusulkan ini melayani kepentingan nasional, ekonomi, dan keamanan AS dengan mendukung upaya berkelanjutan penerima untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya dan untuk mempertahankan kemampuan pertahanan yang kredibel.

Penjualan yang diusulkan akan membantu meningkatkan keamanan penerima dan membantu menjaga stabilitas politik, keseimbangan militer, ekonomi dan kemajuan di wilayah tersebut.

SPH M109A7 paladin
Howitzer M109A7 dan Kendaraan Pendukung Amunisi Artileri Lapangan M992A2 (@Sgt. Calab Franklin – US Army)

Usulan penjualan M109A6 SPH ini akan berkontribusi pada modernisasi armada howitzer self-propelled penerima, meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi ancaman saat ini dan masa depan.

Sistem ini akan berkontribusi pada tujuan penerima untuk memperbarui kemampuan militernya sambil lebih meningkatkan interoperabilitas dengan Amerika Serikat dan sekutu lainnya. Penerima tidak akan kesulitan menyerap sistem ini ke dalam angkatan bersenjatanya.

Kontraktor utama untuk Sistem Self-Propelled Howitzer adalah BAE Systems, Anniston, AL, dan Elgin, OK; M992A2 FAASV, Anniston Army Depot (ANAD), Bynum, AL; dan kendaraan pemulihan M88A2, BAE, York, PA. Pembeli telah meminta offset. Saat ini, kesepakatan belum ditentukan dan akan ditentukan dalam negosiasi antara pembeli dan kontraktor.

Pelaksanaan penjualan yang diusulkan ini tidak memerlukan penugasan permanen dari perwakilan Pemerintah AS atau kontraktor tambahan kepada penerima. Tim dukungan akan melakukan perjalanan ke penerima untuk sementara.Tidak akan ada dampak buruk pada kesiapan pertahanan AS sebagai akibat dari penjualan yang diusulkan ini.

Leave a Comment