Kendaraan Taktis P6 ATAV V3 Korpaskhas Produksi Dalam Negeri

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meninjau Kendaraan Taktis (Rantis) P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle) V3 yang dimiliki Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU di Gedung Pimpinan Mabesau Cilangkap, Jakarta, Kamis, 5 Agustus 2021.

Dalam peninjauan ini, Kasau berkesempatan memeriksa perlengkapan Rantis P6 ATAV V3 yang akan digunakan oleh satuan Korpaskhas mulai dari persenjataan sampai sarana pendukung lainya.

Kendaraan Taktis Korpaskhas 3
Kendaraan Taktis P6 ATAV V3 Korpaskhas Produksi Dalam Negeri

Rantis P6 ATAV V3 yang dapat diawaki 4 orang ini dibangun menggunakan struktur rangka pipa tubular baja ringan dan dibekali baju zirah (armour) level 1 STANAG dan dilengkapi dengan stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) bersenjatakan senapan mesin.

Dengan bobot 2,6 ton ditambah tenaga yang besar dari mesin diesel 2400 CC membuat kendaraan taktis ini dapat digunakan di segala jenis permukaan medan.

Kendaraan Taktis Korpaskhas 1
Kendaraan Taktis P6 ATAV V3 Korpaskhas Produksi Dalam Negeri

Kendaraan taktis ini dibuat oleh PT. Sentra Surya Ekajaya (SSE Defense) yang bergerak dalam bidang produksi kendaraan untuk misi khusus yang perakitannya ada di Kota Tangerang, Banten, Jawa Barat, ungkap situs TNI AU.

Turut hadir mendampingi Kasau, Asrena Kasau, Aslog Kasau, Dankorpaskas, dan Kadisadaau serta Kepala Business Development PT. Sentra Surya Ekajaya.

Leave a Comment