Angkatan Darat Rusia Terima 20 Tank Armata Akhir Tahun 2021

Angkatan Darat Rusia akan menerima 20 tank T-14 Armata terbaru pada akhir tahun ini, ujar Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Alexei Krivoruchko pada  Selasa, 10-8-2021.

“Tahun ini, 20 tank T-14 ‘Armata’ terbaru akan tiba untuk pasukan,” ujar pejabat pertahanan itu, dirilis TASS.

Juga, “65 tank produksi serial T-90M Proryv” akan diserahkan kepada pasukan tahun ini, tambahnya.

Industri pertahanan dalam negeri juga akan mengirimkan 18 pesawat pengintai/penyerang kelas menengah dan berat kepada pasukan Rusia. Sementara satu set brigade sistem Rudal taktis Iskander-M akan tiba untuk Angkatan Darat lebih cepat dari jadwal, ujar wakil menteri pertahanan Rusia.

Proryv T 90M
Proryv’ T-90M Russia. (@ Russian Mod)

Armata adalah platform standar kendaraan lapis baja kelas berat beroda rantai yang berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan tank tempur utama, kendaraan tempur infanteri, pengangkut personel lapis baja dan beberapa kendaraan lapis baja lainnya.

Tank T-14 berbasis platform Armata ditunjukkan kepada publik untuk pertama kalinya di Parade Hari Kemenangan Rusia, diLapangan Merah pada 9 Mei 2015.

Kendaraan tempur baru ini memiliki peralatan yang sepenuhnya digital, turret tak berawak dan kapsul lapis baja terisolasi untuk  awak tank baja.

1199px T 14 Armata 27053434067 e1628649010240
Tank T-14 Armata Rusia. (@commons.wikimedia)

Pesanan Perintah Tahun 2021

Menurut Alexey Krivoruchko, pesanan kementerian pertahanan negara tahun ini terpenuhi 34% pada Januari-Juni 2021.

“Pada akhir semester pertama tahun 2021 pesanan pertahanan negara untuk pasokan senjata dan peralatan militer baru telah terpenuhi lebih dari 34% dari jumlah tahunan, yang sesuai dengan target yang diharapkan,” ujar Krivoruchko, kepada Menteri Pertahanan Sergey Shoigu.

Dia menambahkan bahwa kesimpulan dari kontrak negara jangka panjang telah terbukti sangat efektif dan menjamin pasokan senjata dan peralatan militer yang stabil untuk angkatan bersenjata sepanjang tahun kalender.

“Langkah industri dalam menyediakan senjata dan peralatan militer baru memastikan terpenuhinya tatanan pertahanan negara,” ujar Krivoruchko

*Foto: Tank T-14 Armata Rusia. (@Russia.Mil.ru)

Leave a Comment