Latihan dan Praktik Pendidikan Komando Marinir TNI AL

Upacara Pembukaan Latihan dan Praktik Pendidikan Komando Siswa Marinir TNI AL, diwarnai Dentuman keras meriam yang memekakkan telinga dan membuat jantung berdetak kencang.

Latihan Praktik Pendidikan Komando Siswa TNI AL ini, diikuti oleh Dikmaba Marinir Angkatan ke-40 Gelombang 1 dan 2, serta Siswa Dikmata Marinir Angkatan ke-40 Gelombang 2 yang menempuh pendidikan di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kodiklatal, di Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran Situbondo, Jawa Timur, Kamis, 12-8-2021.

Pendidikan komando ini bertujuan mendidik dan membekali para prajurit siswa Korps Marinir, agar memiliki keterampilan untuk melaksanakan Tugas Komando, yang dititikberatkan pada keterampilan perorangan dan satuan kecil, secara teliti dan benar.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam sambutan yang dibacakan Dankodikmar Brigjen TNI (Mar) Endang Taryo, mengatakan latihan dan praktik pendidikan komando ini bertujuan mendidik dan membekali para prajurit siswa Korps Marinir, agar memiliki keterampilan untuk melaksanakan Tugas Komando, yang dititikberatkan pada keterampilan perorangan dan satuan kecil, secara teliti dan benar, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan di satuan operasi apabila sudah lulus dari pendidikan.

Pendidikan Komando Marinir TNI AL
Latihan dan Praktik Pendidikan Komando Siswa Marinir TNI AL

Adapun sasaran latihan dan praktik pendidikan komando ini, agar para peserta mampu melaksanakan keterampilan untuk mengatasi berbagai rintangan alam maupun buatan, bergerak di rawa, laut, hutan, maupun daerah pegunungan secara perorangan maupun satuan kecil, melaksnakan Operasi Gerilya dan Lawan Gerilya (GLG), serta ketahanan mental dan fisik dalam bergerak di berbagai medan dan cuaca dengan baik dan benar.

Tahapan pelaksaaan pendidikan komando adalah: Tahap Dasar Komando selama 20 hari di Karangtekok Situbondo, Tahap Laut selama 14 hari di Pantai Jangkar Asembagus Situbondo, Tahap Hutan dan Gunung selama 22 hari di Hutan Selogiri Banyuwangi, Tahap Gerilya Lawan Gerilya (GLG) selama 8 hari di Banyuwangi dan terakhir Tahap Lintas Medan (Limed) selama 13 hari dari Banyuwangi sampai dengan Surabaya sejauh 300 km.

Latihan dan Praktik Pendidikan Komando Marinir TNI AL

Pendidikan Komando Siswa Marinir yang pelaksanaanya telah memasuki angkatan ke-166 ini, dibuka di Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran Situbondo Jawa Timur, Kamis, 12-8-2021, yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodikmar (Dankodikmar) Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Endang Taryo, mewakili Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Hadir dalam acara Kepala Departemen Marinir (Kadepmar) AAL mewakili Gubernur AAL, Komandan Pusdikif Kodikmar, Kadepopsdik Kodikmar dan Komandan Lanal Banyuwangi, ungkap Dispen Kodiklatal.

Latihan dan Praktik Pendidikan Komando Marinir TNI AL

Lattek Dikko Angkatan ke-166 ini diikuti 522 Siswa, terdiri Siswa Dikmaba Marinir Angkatan ke-40 Gelombang 1 dan 2, serta Siswa Dikmata Marinir Angkatan ke-40 Gelombang 2, selain itu juga diikuti Taruna AAL tingkat III Korps Marinir Angkatan ke-68 sekaligus menjadi Komandan Tim (Dantim) yang membawahi siswa Dikmaba dan Dikmata.

Selesai Upacara Pembukaan Dikko angkatan ke-166, dilanjutkan orientasi 2 x 24 jam nonstop yang ditutup dengan Janji Komando oleh para Siswa Dikko 166 di Bhumi Marinir Baluran. Janji Komando ini bukan akhir dari kegiatan Dikko ini, tapi merupakan langkah awal dalam 3 bulan pendidikan Komando yang akan mereka tempuh untuk berhak menyandang predikat Komando Baret Ungu kebanggaan Korps Marinir TNI AL.