China: Latihan Militer dengan Rusia Tidak Ditujukan ke Negara Ketiga

Militer China dan Rusia melakukan latihan gabungan yang dimulai tanggal 9 Agustus 2021 dengan melibatkan lebih dari 10.000 tentara,  yang diberi nama Sibu/Interaction 2021, di Qingtongxia, China Utara.

Dalam latihan ini, Militer China melibatkan 200 kendaraan lapis baja, 90 senjata artileri, lebih dari 100 pesawat sayap tetap dan putar dari unit Angkatan Darat dan Angkatan Udara China.

Menteri Pertahanan China mengatakan Latihan Sibu/Interaction 2021 tidak ditujukan untuk negara ketiga.

Hal itu diumumkan oleh Menteri Pertahanan China, Kolonel Jenderal Wei Fenghe, selama pembicaraan dengan kepala departemen militer Rusia, dikutip Kementerian Pertahanan Rusia, 13 Agustus 2021.

Pesawat Tempur Su 30SM Rusia dalam Latihan bersama China Sibu Interaction 2021
Pesawat Tempur Su-30SM Rusia dalam Latihan bersama China Sibu/Interaction 2021. (@Russia Ministry of Defence).

Dalam pembicaraan antara Menteri Pertahanan Federasi Rusia, Jenderal Angkatan Darat Sergei Shoigu dengan Menteri Pertahanan Cjina, Kolonel Jenderal Wei Fenghe, menyatakan bahwa Latihan Sibu/Interaksi 2021 Rusia-China tidak ditujukan terhadap negara ketiga.

“Hari ini kita melihat bersama aksi praktis pasukan pada latihan Sibu/Interaction 2021. Bersama-sama, kedua pihak mencapai kesuksesan penuh,” kata Kepala Departemen Militer Tiongkok.

Penutupan Latihan bersama Militer China Rusia Sibu Interaction 2021
Latihan bersama Militer China-Rusia Sibu/Interaction 2021, di Ningxia Hui, RRC. (@Russia Ministry of Defence).

Menurutnya, latihan sebelumnya sangat penting: “Ini adalah latihan bersama pertama yang diselenggarakan di Tiongkok setelah pecahnya pandemi. Dan manuver operasional dan strategis China pertama dengan partisipasi personel militer Rusia,” tegas Kolonel Jenderal Wei Fenghe.

“Dengan latar belakang perubahan yang luar biasa dan pandemi, latihan tersebut mencerminkan dukungan berkelanjutan antara China dan Rusia dan menunjukkan tingkat perkembangan hubungan antar-tentara yang tinggi. Latihan ini tidak ditujukan untuk negara ketiga, tetapi untuk meningkatkan kemampuan untuk bersama-sama menanggapi risiko dan tantangan, ”lanjut Wei Fenghe.

Latihan militer Rusia China 2
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan Menteri Pertahanan China Wei Fenghe menyaksikan latihan militer Rusia dan China, di Ningxia Hui di barat laut China, 13/08 2021 (@Russia Ministry of Defence)

Dia mencatat bahwa selama latihan, sistem informasi kontrol terpadu dipraktikkan untuk pertama kalinya. Wei Fenghe mengatakan bahwa semua keberhasilan ini adalah bukti dari tingkat kesiapan tempur yang tinggi dari kedua pasukan, kemampuan Angkatan Bersenjata Rusia dan China untuk melakukan operasi anti-teroris secara efisien.

Menurutnya, “keberhasilan latihan tersebut menunjukkan bahwa China dan Rusia cukup mampu bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.”

Latihan Militer China dan Rusia Sibu Interaction 2021
Penutupan Latihan bersama Militer China-Rusia Sibu/Interaction 2021, di Ningxia Hui, RRC, 14/08/2021. (@Russia Ministry of Defence).

Latihan Sibu/Interaction 2021 Selesai

Di tempat latihan Qingtongxia di Daerah Otonomi Ningxia Hui Republik Rakyat Tiongkok (RRC), upacara penutupan latihan bersama Sibu/Interaction 2021 diadakan dengan partisipasi dari unit Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) dan Kontingen militer Rusia dari distrik Militer Timur, 14/8/2021.

Sebagai hasil dari latihan strategis, prajurit paling terkemuka dari tentara kedua negara dianugerahi medali.

Sibu/Interaction 2021 latihan operasional-strategis bersama Rusia-China berlangsung di wilayah Republik Rakyat China sesuai dengan kesepakatan yang dicapai sebelumnya antara departemen militer kedua negara.

Leave a Comment