Dikepung Taliban, Presiden Afghanistan Tinggalkan Negaranya

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dilaporkan bersedia mengundurkan diri setelah Taliban mengepung Kabul dan menuntut transisi kekuasaan secara damai. Ashraf Ghani dikatakan telah melarikan diri dari negara itu ke Tajikistan.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu, ujar Ketua Dewan Tinggi untuk Rekonsiliasi Nasional Afghanistan, Abdullah Abdullah dalam pesan video hari Minggu, 15-8-2021.

“Ashraf Ghani telah meninggalkan negara itu, Allah akan meminta pertanggungjawaban atas tindakannya, orang-orang harus bersabar, semoga Allah membantu semua dalam keadaan ini dan menunjukkan kepada kita jalan ke depan untuk masa depan Afghanistan yang damai”, kata Abdullah, yang memimpin proses perdamaian.

Dalam pesan videonya, Abdullah juga meminta pasukan Afghanistan untuk memastikan keamanan dan mendesak warga untuk tetap tenang karena negara itu sedang mengalami kudeta.

Sebuah sumber mengatakan kepada Sputnik bahwa sebuah delegasi yang dipimpin oleh komandan pasukan Taliban Abdul Ghani Baradar akan memimpin pemerintahan presiden Afghanistan.

Ghani diyakini telah terbang dari ibukota Kabul yang terkepung ke Tajikistan, dari mana ia diperkirakan akan melakukan perjalanan ke negara ketiga, kata sumber lain dikutip Sputniknews.com, 15-6-2021.

Penasihat Keamanan Nasional Hamdullah Mohib juga meninggalkan ibu kota bersama presiden. Sebuah sumber di dinas intelijen Tajik, menyatakan bahwa Dushanbe tidak memiliki informasi tentang penerbangan Ghani ke negara itu.

Seorang pejabat tinggi kementerian luar negeri Afghanistan mengatakan secara terpisah bahwa Ghani telah meninggalkan Afghanistan, tetapi tidak jelas negara mana yang dia tuju.

Ghani diperkirakan akan mengundurkan diri karena Taliban sedang menunggu “pengalihan kekuasaan secara damai”.

Taliban merebut hampir seluruh Afghanistan hanya dalam waktu seminggu, meskipun lebih dari satu triliun dolar dihabiskan oleh AS selama 20 tahun untuk membangun pasukan keamanan Afghanistan.

Taliban Kuasai Kabul

Taliban telah menguasai semua penyeberangan perbatasan Afghanistan, dan meninggalkan Bandara Kabul sebagai satu-satunya rute keluar negeri.

Gerilyawan Taliban telah melancarkan serangan ke Kabul, setelah mengepung ibu kota Afghanistan, ujar Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengumumkan pada hari Minggu, 15-8-2021, dikutip Sputniknews.com.

Menurut kementerian, para petempur Taliban memasuki ibukota dari semua sisi. Kantor Presiden Afghanistan melalui Twitter mengatakan bahwa pasukan keamanan dan pertahanan negara itu mengendalikan situasi “dalam koordinasi dengan mitra internasional”.

Leave a Comment