Tank T-14 Armata Datang, Rusia Ubah Taktik Perang

Tank T-14 Armata next generation Rusia akan menjadi dasar untuk berlatih dan menyempurnakan taktik perang, ujar anggota dewan Komisi Industri-Militer Rusia, Mikhail Osyko kepada TASS pada Kamis, 19 Agustus 2021, menjelang forum teknis militer internasional Angkatan Darat-2021.

“Tank generasi baru Armata akan digunakan untuk berlatih dan meningkatkan taktik kerja tempur karena ini secara konseptual merupakan kendaraan yang berbeda,” kata pejabat pertahanan itu.

Industri pembuatan tank Rusia juga telah mengembangkan teknologi untuk memperbaiki dan meningkatkan semua kendaraan tempur dasar yang beroperasi, kata Osyko.

“Mereka memenuhi semua kebutuhan Angkatan Darat Rusia untuk perangkat keras ini, termasuk unit yang ditempatkan di wilayah Arktik. Misalnya, tank T-80 sebagian besar digunakan di garis lintang utara,” tambahnya.

Tank T 14 Armata 2
Tank T-14 Armata. (@Dkzeo – commons.wikimedia)

Rencana pengiriman perangkat keras baru dan yang ditingkatkan telah ditentukan dengan mempertimbangkan hasil yang diperoleh selama pekerjaan R&D pada modernisasi, kata anggota Komisi Industri-Militer Rusia.

Armata adalah platform standar kendaraan lapis baja beroda rantai kelas berat yang berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan tank tempur utama, kendaraan tempur infanteri, pengangkut personel lapis baja dan beberapa kendaraan lapis baja lainnya.

Tank berbasis platform T-14 Armata diluncurkan ke publik untuk pertama kalinya di Parade Hari Kemenangan Lapangan Merah pada 9 Mei 2015.

Kendaraan tempur baru ini memiliki peralatan yang sepenuhnya digital, turret tak berawak dan kapsul lapis baja terisolasi untuk awak tank.

Leave a Comment