Pesawat Cassa N-212i TNI AU Landing Perdana di Bandara Liku

JakartaGreater   –   Pesawat TNI AU, jenis Cassa N-212i, Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur melakukan pendararan perdana di landasan Liku, Kecamatan Paloh, Sambas, Kalimantan Barat, Rabu, 18-8-2021.

Pendaratan pesawat tail number A 2112 yang diterbangkan Letkol Pnb M. Arif, S.Sos. ini, menandai beroperasinya landasan Liku Paloh sebagai bandara penerbangan perintis di wilayah perbatasan.

Pangkoopsau I Marsda TNI Ir. Tedy Rizalihadi bersama bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, menyaksikan pendaratan perdana yang sekaligus mulai beroperasinya landasan Liku Paloh sebagai landasan penerbangan perintis.

Momentum  ini sekaligus langkah strategis dalam menciptakan stabilitas kawasan di perbatasan.

Pesawat TNI AU Cassa N 212i 2
Pesawat Cassa N-212i TNI AU Landing Perdana di Bandara Liku

Bupati Sambas, Sambas H. Santono, mengatakan  landing perdana ini, membuat landasan Liku ke depan berfungsi menjaga stabilitas kawasan perbatasan melalui konsep pembangunan perekonomian dipadukan strategi pertahanan nasional.

Bupati Sambas mengatakan adanya Landasan ini dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat di sekitar Kecamatan Paloh kabupaten Sambas. Dengan adanya penerbangan perintis ini akan membuka jalan roda perekonamian yang akan bergerak maju.

Pangkoopsau I juga melakukan penandatangan prasasti landing perdana pesawat TNI AU Cassa N-212i, ungkap situs TNI, 18/8/2021.

Kepada masyarakat Nibung, Paloh, Sambas, Pangkoopsau I juga menyerahkan bantuan Sembako.

Pesawat TNI AU Cassa N 212i 3
Pesawat Cassa N-212i TNI AU Landing Perdana di Bandara Liku

Pangkoopsau I Marsda TNI Ir Tedi Rizalihadi S melakukan peninjauan ini, sekaligus pencanangan Flying Vaccine, bagi masyarakat desa Nibung yang berada diperbatasan dengan Negara Tetangga Malaysia. Dia mengatakan TNI AU siap untuk mendukung program vaksinasi pemerintah hingga ke pelosok negeri.

“Flying Vaccine ini merupakan langkah TNI AU untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19, khususnya untuk masyarakat perbatasan. Karena dengan menggunakan Alutsista yang dimiliki kita mampu menjangkau daerah-daerah seperti halnya wilayah seputar Landasan Liku ini,” ujar Pangkoopsau I saat berada di Lanud Supadio.

Leave a Comment