TNI AL Pecahkan Rekor MURI Memasak Rendang Peserta Terbanyak

Rekor memasak rendang

Acara memasak rendang yang diikuti 2.450 peserta, berhasil mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam hal memasak rendang dengan peserta terbanyak.

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II (Lantamal II) Padang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar menginisiasi kegiatan tersebut dengan “Merendang Sedunia”.

Baca Juga: Pembaretan 300 Prajurit Korps Marinir
1.000 Prajurit US Army dan 850 Prajurit TNI AD Latihan Garuda Shield
Prajurit Marinir Latihan Pertahanan Pangkalan di Kupang

Acara yang diikuti lebih dari 2.450 peserta zoom ini pada Sabtu 21 Agustus 2021 dibuka langsung Ibu Negara Hj.Iriana Joko Widodo secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan MURI menyerahkan penghargaan tersebut kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Komandan Lantamal II Laksma TNI Hargianto, S.E., M.M., M.Si (Han)., dan Ketua Bulog Sumbar, Tommy Despalingga di Mako Lantamal II Padang.

Baca Juga: Batalyon Kavaleri 1 Kostrad Uji Keterampilan Prajurit
Ini Kempauan Wajib Dimiliki Prajurit Raider
Prajurit Satuan Kapal Ranjau Latihan Demolisi

Sedangkan Sertifikat MURI secara Nasional di terimakan di Jakarta oleh Ny. Nanny Hadi Tjahjanto selaku Ketua Umum Dharma Pertiwi.

Kegiatan ini juga diikuti Ketua Umum Bhayangkari, Juliati Sigit Prabowo, Ketua umum Persit Kartika Chandra Ny Hetty Andika Perkasa, Ketua umum Jalasenastri Ny Vero Yudo Margono, Ketua Umum Pia Argarini Ny Inong Fajar dan organisasi kewanitaan lainya. serta perwakilan Duta Besar Indonesia di beberapa Negara.

Melalui vicon Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo mengungkapkan di tahun 2011, Rendang telah dinobatkan sebagai hidangan terlezat dalam daftar 50 hidangan di dunia oleh CNN Internasional.

Ibu Negara menginginkan agar Rendang juga diakui oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) dan dunia.

“Target kita adalah rendang bisa dinobatkan Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia oleh UNESCO,” ujar Ibu Negara pada “Virtual Memasak Rendang Se-Dunia”, dalam rangka pencatatan rendang sebagai warisan budaya dunia dari Sumatera Barat, Indonesia ke UNESCO.

Baca Juga: Pembaretan 300 Prajurit Korps Marinir
1.000 Prajurit US Army dan 850 Prajurit TNI AD Latihan Garuda Shield
Prajurit Marinir Latihan Pertahanan Pangkalan di Kupang

Sementara itu, di Mako Lantamal II para Forkopimda Sumbar beserta prajurit TNI AL ikut memasak rendang dengan perlengkapan yang sudah di siapkan oleh panitia penyelenggara.

Kegiatan ini merupakan bentuk kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya Minang, karena upaya Danlantamal II Padang agar makanan Rendang yang merupakan makan terlezat di dunia menurut majalah CNN bisa masuk dan di akui di Unesco sebagai Warisan Budaya Non Benda.

Selain Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah, turut hadir di Lantamal II yaitu para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Sumbar yakni, Wagub Sumbar Audy Joinaldi, Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs Toni Harmanto, Danrem 032/WBR Brigjen TNI Arief Gajah Mada, Danlanud Sutan Syahrir Kolonel Pnb M.R.Y Fahlefie, Walikota Padang Hendri Septa.

Leave a Reply