Kalashnikov Pamer Karbin Baru dengan Barel Dapat Diganti di ARMY-2021

Untuk pertama kalinya, Kalashnikov Group mendemonstrasikan karbin sipil AKV-521 di International Military Technical Forum “ARMY-2021” yang berlangsung 22-28 Agustus 2021 di Patriot Expo, pangkalan udara Kubinka dan pusat pelatihan militer, Rusia.

Dalam rilis yang dikirim Rosoboronexport kepada partner media Jakartagreater.com Minggu sore,  22/8/2021, dikatakan bahwa Karbin dibuat berdasarkan desain AK yang handal dan teruji seperti sistem yang dioperasikan dengan gas, mekanisme penguncian, magasin, pemantik atau pemicu, laras, pegangan pistol dan bagian belakang senjata (popor).

Baca Juga:

Senapan Mesin Ringan PPK-20 Kalashnikov Khusus untuk Pilot
Kalashnikov Pamer Karbin Baru dengan Barel Dapat Diganti di ARMY-2021
TNI AL Pecahkan Rekor MURI Memasak Rendang Peserta Terbanyak

Kalashnikov Group pajang karbin sipil AKV 521 di International Military Technical Forum
Kalashnikov Group pajang karbin sipil AKV-521 di International Military Technical Forum “ARMY-2021”

Dari hasil ujicoba, AKV-521 terbukti efektif khususnya pada penerima atas dan bawah, rel tipe 1913-MIL-STD/ Picatinny full-length, serta pegangan pengisian yang dapat dilepas. Seperti halnya yang diterapkan pada senjata kecil di berbagai negara di seluruh dunia.

AKV 521
alashnikov Group pajang karbin sipil AKV-521 di International Military Technical Forum “ARMY-2021”

“AKV-521 dirancang untuk penembak yang menghargai kehandalan AK dan ingin memiliki senjata universal yang bisa digunakan di berbagai kondisi. Dibuat dalam tiga caliber dan kompatibel dengan berbagai amunisi serta akurasi siang atau malam hari” ujar Valentin Vlasenko, Direktur Litbang Senjata Api Sipil Kalashnikov Group.

Baca Juga:

Pasukan Khusus Gabungan TNI AL Latihan di Situbondo
Kisah Annisa Rizkika Menangis Haru Direstui Panglima TNI Jadi Prajurit
KRI Golok-688, Kapal Perang Trimaran yang Perkuat Striking Force TNI AL

AKV521
Kalashnikov Group pajang karbin sipil AKV-521 di International Military Technical Forum “ARMY-2021”

Pada senjata ini Karbin ada pada dua bagian, yang pertama di penerima atas berisi laras dengan blok gas dan mekanisme penguncian yang terhubung ke rel pemandu baut dan rel tipe 1913-MIL-STD/Picatinny. Sementara yang ke dua di penerima bawah berisi mekanisme pemicu, magasin, pegangan pistol dan bagian belakang senjata (popor).

AKV 521 11 resize
Kalashnikov Group pajang karbin sipil AKV-521 di International Military Technical Forum “ARMY-2021”

Desain Karbin ini juga menyediakan koneksi antara laras dengan optic, serta sudah lulus uji pabrik dan sedang dipersiapkan produksi massal. AKV-521 memungkinkan penembak menggunakan barel 415-mm atau 341-mm yang dapat diganti dengan bilik 5.45×39, 7.62×39 .223REM. Dengan standarnya ini, banyak pengunjung yang tertarik dan memberikan potensi ekspor yang tinggi.

Leave a Comment