Senapan Mesin Ringan PPK-20 Kalashnikov Khusus untuk Pilot

Masih dalam ajang International Military Technical Forum “ARMY-2021” yang berlangsung 22-28 Agustus di Patriot Expo Rusia, Kalashnikov Group mempresentasikan prototype senapan mesin ringan 9 mm PPK-20. Senjata yang merupakan proyek Riset and Development “Vityaz-MO” ini dirancang khusus untuk pertahanan hidup para pilot jika dalam keadaan darurat.

PPK 20 5 resize
Senapan Mesin Ringan PPK-20 Khusus Untuk Pilot

PPK-20 dinyatakan lulus seluruh uji kelayakan, kini tinggal menunggu keputusan dari Kementerian Pertahanan Federasi Rusia.

Baca Juga:

Senapan Mesin Ringan PPK-20 Kalashnikov Khusus untuk Pilot
Kalashnikov Pamer Karbin Baru dengan Barel Dapat Diganti di ARMY-2021
TNI AL Pecahkan Rekor MURI Memasak Rendang Peserta Terbanyak

PPK20
Senapan Mesin Ringan PPK-20 Khusus Untuk Pilot

Senapan ringan PPK-20 ini nantinya menjadi bagian perlengkapan pilot militer angkatan udara Rusia, baik saat latihan ataupun saat berada di wilayah konflik. Uji kelayakan PPK-20 dilakukan di RF MOD State Flight Test Center di Aktyubinsk. Dalam uji kelayakan, amunisi 7N21 yang digunakan PPK-20 melesat dengan kecepatan 470 m/s dengan jangkauan target 360 meter dan dapat menembus rompi anti peluru level 3A (standar NIJ).

PPK 20 3 resize
Senapan Mesin Ringan PPK-20 Khusus Untuk Pilot

Baca Juga:

Pasukan Khusus Gabungan TNI AL Latihan di Situbondo
Kisah Annisa Rizkika Menangis Haru Direstui Panglima TNI Jadi Prajurit
KRI Golok-688, Kapal Perang Trimaran yang Perkuat Striking Force TNI AL

Secara umum, PPK-20 juga sangat efektif jika digunakan oleh berbagai unit pendukung bahkan termasuk Pasukan Khusus yang beroperasi di daerah perkotaan dengan kondisi medan padat aktivitas. Panjang PPK-20 dengan popor terlipat hanya 41 cm, ungkap Rosoboronexport kepada JakartaGreater.com, 22/8/2021.

spesifikasi
Spesifikasi Senapan Mesin Ringan PPK-20

Leave a Comment