Putin: Rusia Pemimpin Dunia dalam Penerbangan Tempur

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut negara Rusia memimpin dunia dalam penerbangan tempur, pesawat domestik. Pernyataan itu dilontarkan Putin dalam pertemuan dengan perwakilan Rusia Bersatu.

Laporan Tass, Minggu, 22 Agustus 2021 juga menyebut kendaraan tempur produksi Rusia tidak hanya kompetitif, namun juga yang terbaik di dunia.

Baca Juga:

Senapan Mesin Ringan PPK-20 Kalashnikov Khusus untuk Pilot
Kalashnikov Pamer Karbin Baru dengan Barel Dapat Diganti di ARMY-2021
TNI AL Pecahkan Rekor MURI Memasak Rendang Peserta Terbanyak

“Mengenai penerbangan tempur, seluruh dunia sangat menyadari bahwa kami adalah pemimpin yang tak terbantahkan di bidang penerbangan tempur. Kendaraan tempur kami tidak hanya kompetitif, mereka adalah yang terbaik di dunia. Saya mengatakan ini tanpa berlebihan, tetapi juga dengan rasa bangga pada penerbang dan pabrikan pesawat kami,” kata Putin.

Putin juga mengingatkan, sejak zaman Soviet, penerbangan sipil telah berkembang berdasarkan kebutuhan penerbangan tempur.

“Seringkali pesawat sipil adalah kendaraan angkut militer yang disesuaikan untuk keperluan sipil,” ujar Putin. Itulah mengapa secara historis ada kesulitan tertentu dalam industri penerbangan Rusia.

Baca Juga:

Pasukan Khusus Gabungan TNI AL Latihan di Situbondo
Kisah Annisa Rizkika Menangis Haru Direstui Panglima TNI Jadi Prajurit
KRI Golok-688, Kapal Perang Trimaran yang Perkuat Striking Force TNI AL

Tetapi menurut Putin dalam beberapa tahun terakhir situasi telah berubah, “tidak diragukan lagi menjadi lebih baik, penerbangan sipil Rusia menjadi bagian dari penerbangan sipil dunia,” kata Putin.

Putin menambahkan, sebagai contoh adalah Sukhoi Superjet 100, produk Rusia yang juga dikerjakan oleh spesialis dari Prancis dan Italia dan “bekerja dengan sangat efektif.”

“Ini adalah mesin pertama yang sepenuhnya dirancang dalam bentuk digital. Pesawat ini aktif digunakan dan akan digunakan di masa depan. Tapi ini tidak cukup, dan sekarang kami membutuhkan pesawat jarak menengah,” tambah pemimpin Rusia itu.

*Foto: Grafik Pesawat Tempur Su-57 Rusia. (@Russia MoD)

Leave a Comment