Trump Kritik Biden Soal Afghanistan, Sebut Penghinaan Kebijakan Luar Negeri

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengkritik penggantinya Joe Biden terkait krisis yang terjadi di Kabul, Afghanistan. Menurutnya, perkembangan terakhir yang terjadi di Afghanistan adalah “kegagalan besar” dari kebijakan luar negeri pemerintah AS saat ini.

Mengutip Sputnik, Senin, 23 Agustus 2021, pernyataan itu dilontarkan Trump dalam rapat umum dengan tema “Selamatkan Amerika” di Cullman. Dia mengatakan bahwa situasi di Afghanistan sebagai “salah satu yang paling memalukan” dan “penghinaan kebijakan luar negeri terbesar” dalam sejarah AS.

Baca Juga:

Senapan Mesin Ringan PPK-20 Kalashnikov Khusus untuk Pilot
Kalashnikov Pamer Karbin Baru dengan Barel Dapat Diganti di ARMY-2021
TNI AL Pecahkan Rekor MURI Memasak Rendang Peserta Terbanyak

Trump juga menuduh Presiden AS Joe Biden menyerahkan pangkalan militer AS di Afghanistan, yang menekankan bahwa pasukan Amerika meninggalkan peralatan militer senilai 83 miliar dolar AS.

“Ini akan dianggap sebagai salah satu kekalahan militer terbesar sepanjang masa,” kata Trump, menyebut penarikan pasukan sebagai “penyerahan total” dan “ketidakmampuan besar oleh pemimpin negara”. Trump menekankan bahwa di bawah kepresidenannya, ini tidak akan pernah terjadi.

Trump mengatakan kepada kerumunan besar yang berkumpul di negara bagian itu tidak akan pernah terjadi jika dirinya yang menjadi presiden.

Baca Juga:

Pasukan Khusus Gabungan TNI AL Latihan di Situbondo
Kisah Annisa Rizkika Menangis Haru Direstui Panglima TNI Jadi Prajurit
KRI Golok-688, Kapal Perang Trimaran yang Perkuat Striking Force TNI AL

Saat ini AS sedang mengevakuasi warganya dan warga Afghanistan yang membantu pasukan AS dalam 2 dekade terakhir dari Afghanistan. Afghanistan saat ini  jatuh ke tangan Taliban pada 15 Agustus 2021.

Ketika Afghanistan jatuh ke dalam kekacauan, Biden dikritik karena dianggap penarikan pasukan secara tergesa-gesa dari negara yang dilanda perang, yang menyebabkan runtuhnya pemerintah negara itu.

Trump menyetujui penarikan militer penuh pada 1 Mei tahun ini. Pemerintahan Biden menyalahkan Trump atas timeline yang mengarah pada penarikan yang gagal. Biden memperpanjang batas waktu hingga 11 September 2021 dan kemudian berjanji untuk mengeluarkan semua pasukan AS pada 31 Agustus 2021.

Leave a Comment