Satgas Yonif M 403/WP Patroli Patok di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Satgas Yonif M 403/WP Patroli Patok di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Pos KM 140 Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista melaksanakan kegiatan patroli patok perbatasan di Kampung Monggowar, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua. Dirilis Situs TNI, Kamis, 26 Agustus 2021. Patroli tersebut dilakukan guna memastikan bahwa patok batas NKRI selalu dalam keadaan aman, dalam kondisi yang baik dan terjaga

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., melalui keterangan tertulis Puspen TNI, Rabu, 25 Agustus 221 di Kabupaten Keerom, Papua, mengatakan kegiatan patroli perbatasan antara NKRI dengan Negara PNG merupakan salah satu tugas pokok dari Satgas Pamtas Yonif M 403/WP.

Selain itu, dengan kegiatan Patroli menuju patok perbatasan Negara ini diharapkan dapat meminimalisir atau mencegah dan mengatasi apabila terdapat ancaman dari pihak asing maupun kegiatan kriminalitas lintas batas di wilayah perbatasan antar ke-2 Negara.

Baca Juga:

Pangkostrad Gelar Kunjungan Kerja ke Markas Divisi Infanteri 2 Kostrad

Kasal: Ancaman Keamanan Maritim dapat Dikelola Melalui Kerjasama AL Dunia

Taliban Tunjuk Hamid Karzai dalam 12 Anggota Dewan untuk Pemerintah Afghanistan

“Salah satu tugas Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista demi menjaga keutuhan wilayah perbatasan negara serta mengatasi ancaman pada masa sekarang maupun yang akan datang terhadap kedaulatan negara yaitu dengan melaksanakan patroli menuju ke patok perbatasan Negara sebagai cek pointnya,” ujar Dansatgas.

Danpos KM 140 Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/WP Letda Inf Hengky Dwi Cahyono juga menyebutkan bahwa pelaksanaan Patroli menuju patok perbatasan Negara ini dilaksanakan karena merupakan bagian dari tanggung jawab Posnya.

Patroli ditempuh dengan pasukan berjalan kaki selama kurang lebih 4 hari dengan jarak tempuh kurang lebih 15 karvak dengan medan yang terdiri dari hutan, sungai, dataran tinggi dan semak belukar yang dilalui dari pos menuju ke patok perbatasan di kampung Monggowar Distrik Yaffi Kabupaten Keerom Papua.

Baca Juga:

Taliban Tunjuk Mantan Narapidana Guantanamo Jadi Menhan Afghanistan

Menart 2 Mar Gelar Latihan Menembak Reaksi Pertahanan di Surabaya

Latihan: KRI Teluk Bintuni 520 dan Teluk Banten 516 Lolos Lewati Ranjau

“Melalui kegiatan Patroli untuk memeriksa patok batas Negara RI-PNG ini, tim kesehatan Pos Satgas kami sepanjang perjalanan saat melintasi kampung-kampung masyarakat juga memberikan pelayanan kesehatan serta memberikan vitamin berikut makanan bergizi kepada masyarakat setempat, sehingga kehadiran kami dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat di sepanjang perjalanan patroli kami,” ucap Letda Inf Hengky Dwi Cahyono.

Salah satu warga kampung Monggowar Bapak Martin Atmea, 53 tahun mengatakan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan, pemberian vitamin dan makanan bergizi ini sangat membantu warga kampungnya yang memang sangat membutuhkan.

Selain itu karena kampung Monggowar berada di wilayah perbatasan maka sangat jarang warga kampungnya yang mengalami sakit dapat berobat ke rumah sakit atau ke klinik kesehatan sebab jarak tempuh yang sangat jauh dan jalur pelintasan baru dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati dataran tinggi, sungai, hutan dan semak belukar.

“Trimakasih bapak-bapak TNI Pos KM 140 Satgas Yonif Mekanis 403 telah memberikan pelayanan kesehatan kepada warga kampung kami yang memang sangat membutuhkan, sangat membantu sekali, karena rumah sakit yang jauh jadi kami hanya dapat mengobati penyakit dengan seadanya saja, tetapi dengan kehadiran bapak-bapak kesehatan TNI sakit yang dialami warga kami dapat diobati,” ujar Martin Atmea.

Leave a Reply