Boeing Luncurkan Pesawat Tempur F-15 Qatar Advanced

Perusahaan Boeing bekerja sama dengan Angkatan Udara AS dan Angkatan Udara Qatar Emiri (QEAF), kembali meluncurkan alutsista canggih mereka dengan merayakan penamaan dan peluncuran pesawat tempur F-15 Qatar Advanced (F-15QA).

Set pertama dari pesawat tempur canggih F-15QA, akan diangkut ke Qatar akhir tahun ini, setelah selesainya pelatihan pilot pra-pengiriman.

Baca Juga:

Kemenhub Inspeksi Seluruh Pesawat Boeing 737 Classics

Boeing Luncurkan Pesawat Tempur F-15 Qatar Advanced

Mesin Terbakar, Boeing 777 United Airlines Berhasil Mendarat

“Peluncuran F-15QA sangat penting, tidak hanya dalam hal kemampuan, tetapi juga dalam hal kemitraan yang ditingkatkan yang diwakilinya. Kami berterima kasih atas fokus berkelanjutan mitra koalisi dalam membangun interoperabilitas dan kesiapan gabungan,” ujar Letnan Jenderal Greg Guillot, Komandan Angkatan Udara ke-9 AS, dikutip Boeing, 25/8/2021.

“Program F-15QA Qatar semakin meningkatkan teknologi next generation di pesawat tempur di F-15 yang canggih seperti: kontrol penerbangan fly-by-wire, kokpit digital serba kaca dan sensor kontemporer, radar dan kemampuan peperangan elektronik,” ujar Prat Kumar, Wakil presiden program F-15. “Didorong oleh rekayasa digital dan manufaktur canggih, pesawat ini mewakili lompatan transformasional untuk F-15. F-15QA akan meningkatkan keunggulan QEAF dengan kecepatan, jangkauan, dan muatan lebih dari pesawat tempur mana pun di dunia.”

Boeing telah memberikan dukungan pemeliharaan dan logistik untuk QEAF selama pelatihan pilot pra-pengiriman, yang dimulai awal tahun ini. Selain itu, Boeing akan mendirikan dan mengoperasikan pusat pelatihan awak pesawat dan pemeliharaan untuk QEAF di Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar hingga tahun 2024 sambil juga menyediakan suku cadang dan dukungan logistik dalam negeri setelah pesawat dikirim.

“Boeing dengan bangga memberikan solusi holistik kepada pelanggan Qatar kami yang berharga melalui pelatihan dan pemeliharaan yang disesuaikan,” kata Torbjorn “Turbo” Sjogren, wakil presiden Pemerintah Internasional & Pertahanan untuk Boeing.

pesawat tempur F 15 Qatar
Pesawat Tempur F-15QA . (@Boeing – Dr. Khalid bin Mohammed Al Attiyah, Qatar Minister of State for Defense Affairs)

Pesawat Tempur F-15QA.

Menurut Boeing, jet F-15QA merupakan pesawat tempur varian F-15 paling canggih yang pernah mereka produksi. Dikembangkan untuk Angkatan Udara Qatar Emiri (QEAF), jet tempur ini memiliki kemampuan next generation.

Baca Juga:

20 Januari, Kanada Cabut Larangan Terbang Boeing 737 MAX

Boeing Uji Coba Luncurkan Super Hornet dari Landasan Ski Jump

Boeing Perlihatkan Pewarnaan Khusus Jet Tempur F-15QA

Pesawat tempur buatan Amerika Serikat ini bersifat multiperan dan memiliki kemampuan manuver lepas landas vertikal “Viking” dan dan manuver 9 G, atau sembilan kali gaya gravitasi bumi.

Jet canggih F-15QA memiliki jangkauan dan muatan terbaik di kelasnya, canggih yang tidak hanya menawarkan kemampuan mengubah permainan tetapi juga lebih efisien. Di lapangan, biaya F-15 ini setengah biaya per jam terbang, dari pesawat tempur serupa dan memberikan muatan jauh lebih banyak pada rentang yang jauh lebih besar. “Itu sukses untuk warfighter”, ungkap Prat Kumar, Wakil presiden Boeing dan pengelola program F-15.

Departemen Pertahanan AS memberi Boeing kontrak $6,2 miliar pada tahun 2017 untuk memproduksi 36 jet tempur F-15 untuk QEAF. Boeing mulai mengirimkan pesawat ke pelanggan pada tahun 2021. Selain itu, Boeing dianugerahi kontrak penjualan militer asing Angkatan Udara AS pada tahun 2019 untuk awak pesawat tempur F-15QA dan pelatihan pemeliharaan untuk QEAF.

pesawat tempur F 15 Qatar Advanced
Pesawat Tempur F-15QA . (@Boeing – Dr. Khalid bin Mohammed Al Attiyah, Qatar Minister of State for Defense Affairs)

F-15QA membawa kepada operatornya teknologi generasi berikutnya seperti kontrol penerbangan fly-by-wire, kokpit digital; sensor modern, radar, dan kemampuan peperangan elektronik; dan komputer misi tercepat di dunia. Peningkatan keandalan, keberlanjutan, dan kemampuan pemeliharaan memungkinkan operator pertahanan untuk tetap berada di depan ancaman saat ini dan yang terus berkembang dengan harga terjangkau.

Melalui investasi dalam platform F-15QA dan kemitraan dengan Angkatan Udara AS, Boeing kini bersiap untuk membangun varian domestik (varian untuk militer AS) dari pesawat tempur canggih, F-15EX. F-15EX menjadi program rekor untuk Angkatan Udara ketika Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional AS untuk tahun fiskal 2020 ditandatangani pada 30 Desember 2019.

Pada bulan Januari, Angkatan Udara mengeluarkan pemberitahuan publik tentang niatnya untuk memberikan kontrak kepada sumber tunggal, ke Boeing untuk delapan jet. Rencana ke depan membutuhkan sebanyak 144 pesawat.

*Foto: Pesawat Tempur F-15 Qatar Advanced. (@ Governor Mike Parson – Governor of the State of Missouri, USA).

Leave a Comment