Rudal Hipersonik Tsirkon Rusia akan Dikirim 2025, Jangkauan Efektif Seribu KM

Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan telah menandatangani kontrak pertamanya untuk pengiriman Rudal hipersonik Tsirkon kepada militer Rusia. Rudal tersebut telah distandarisasi dan dapat digunakan baik dari kapal permukaan maupun kapal selam.

Melansir laporan Tass, Kamis 26 Agustus 2021, kontrak tersebut telah diserahkan kepada pihak Research and Production Association of Machine-Building di forum teknis militer internasional.

Baca Juga:

Rudal Hipersonik Tsirkon Hantam Sasaran Jarak 350 Km

Wow, Fregat Admiral Golovko Pembawa Pertama Rudal Hipersonik Tsirkon

Rusia Modifikasi Rudal Tsirkon Untuk Korvet

“Sebuah kontrak pemerintah tentang pengiriman Rudal 3M22 (Rudal Hipersonik Tsirkon) telah ditandatangani. Kontrak telah diserahkan kepada CEO Research and Production Association of Machine-Building Alexander Leonov di forum teknis militer internasional (ARMY 2021),” menurut pernyataan pers Kementerian Pertahanan.

Leonov juga mengkonfirmasi berita di sela-sela pameran pertahanan ARMY 2021. Dia menambahkan bahwa “kontrak Rudal Tsirkon akan dipenuhi pada tahun 2025. Rudal tersebut telah distandarisasi dan dapat digunakan baik dari kapal permukaan maupun kapal selam. Satu-satunya perbedaan adalah pada peluncur yang digunakan pada kapal permukaan atau kapal selam.”

Pejabat tinggi Rusia sebelumnya menyatakan bahwa militer dapat mulai menerima pengiriman serial Tsirkon pada awal 2022, tetapi ungkapan Leonov, “pada tahun 2025” menunjukkan bahwa garis waktu ini mungkin terbukti optimis. Pernyataan itu tidak merinci kapal Rusia mana yang akan mendapatkan upgrade Tsirkon yang dibanggakan terlebih dahulu.

Baca Juga:

Angkatan Laut AS Sukses Uji Motor Rudal Hipersonik

AS Kembangkan Rudal Hipersonik AS Jangkauan 2775 KM

Trump Katakan AS Telah Miliki Rudal Hipersonik

Namun, menurut laporan sebelumnya yang bersumber dari pernyataan dari pihak industri pertahanan Rusia yang tidak disebutkan namanya, kehormatan itu akan diberikan kepada Laksamana Golovko frigat ketiga dari kelas Project 22350 Admiral Gorshkov.

Rudal hipersonik Tsirkon kemungkinan pada akhirnya akan diaplikasikan ke banyak kapal angkatan laut Rusia, termasuk battlecruiser kelas Kirov Petr Velikiy dan Laksamana Nakhimov, serta fregat kelas Laksamana Grigorovich yang dimodernisasi dan korvet kelas Karakurt/Buyan/Gremyashchiy.

Rudal itu juga akan menonjol dalam kemampuan ofensif kapal selam Rudal jelajah bertenaga nuklir kelas Yasen-M baru Rusia, 7 di antaranya diharapkan mulai beroperasi hingga tahun 2028.

Presiden Rusia Vladimir Putin tampaknya menyarankan pada akhir 2019 bahwa Rudal berbasis darat Varian Tsirkon sedang dalam pengerjaan, tetapi semua tanda saat ini menunjukkan bahwa Tsirkon menjadi kapal dan senjata yang diluncurkan kapal selam di masa mendatang.

Baca Juga:

Rusia Kembangkan Rudal Hipersonik Jarak Jauh Kh-95

Bomber Tu-22M3M Miliki Rudal Hipersonik Baru

Putin: Rusia Garap Senjata Penangkal Rudal Hipersonik

3M22 Tsirkon yang juga dikenal sebagai “Zirkon” adalah Rudal jelajah hipersonik anti-kapal bersayap yang dilaporkan mampu mencapai kecepatan hingga 8-9 Mach dan bermanuver di tengah penerbangan untuk menghindari pertahanan udara musuh.

Rudal itu direncanakan memiliki jangkauan operasi efektif sekitar 1.000 km, meskipun jangkauan efektifnya tergantung pada target darat atau laut. Pengamat militer Rusia telah memproyeksikan keyakinan bahwa Tsirkon diyakini dapat membuat Grup Serangan Kapal Induk Amerika (CSG).

Sebelumnya masalah teknis yang tidak disebutkan dihadapi dalam pengembangan. Namun kini rudal hipersonik Tsirkon telah memenuhi kelayakan dengan serangkaian tes peluncuran. Deputi Rusia Menteri Pertahanan Alexei Krivoruchko mengatakan awal bulan ini bahwa Rusia berencana untuk menyelesaikan uji coba negara Rudal Tsirkon pada tahun 2021.

Sumber-sumber pertahanan mengatakan kepada TASS berita negara bahwa peluncuran uji coba pertama Rudal dari kapal selam kelas Yasen Severodvinsk direncanakan pada bulan September 2021, sebelum Laut Putih membeku.

*Foto: Fregat Admiral Gorshkov menguji coba rudal hipersonik Tsirkon terhadap target permukaan pada jarak lebih dari 350 km dan kecepatan penerbangan mencapai 7 Mach. (@ Russian Ministry of Defense Press Office ).

Leave a Comment