4 Pesawat Tempur Su-30SM Diterima Militer Kazakhstan di 2022

Empat Pesawat tempur Su-30SM akan dikirim Rusia untuk militer Kazakhstan pada akhir 2022, ujar Direktur Layanan Federal Rusia untuk Kerja sama Teknis-Militer, Dmitry Shugayev dalam sebuah pernyataan, hari Rabu, 25/8/2021.

Pesawat tempur multiperan Su-30SM akan tiba untuk Angkatan Udara Kazakhstan berdasarkan perjanjian dengan Rusia dan sebagai bagian dari program mempersenjatai kembali angkatan bersenjata negara tetangga Rusia tersebut.

Baca Juga:

Rusia Garap Pesawat Tempur Siluman Bermesin Tunggal

4 Pesawat Tempur Sukhoi Bersiap Latihan Tempur

10 Pesawat Tempur Terpopuler, 4 Buatan Rusia

Jet tempur Su-30SM adalah pesawat tempur canggih yang mampu beroperasi di semua cuaca, super-manuver generasi 4++ dengan jumlah dua kursi. Pengiriman pesawat tempur Rusia ini dilakukan dari Irkutsk Aviation Enterprise mulai pada tahun 2015.

“Pekerjaan terus mengimplementasikan kontrak pengiriman empat pesawat tempur lain ke mitra Kazakh kami, pada akhir 2022. Sejauh ini, 20 pesawat tempur Su-30SM canggih telah dikirim ke Republik Kazakhstan,” ujar kepala kerja sama militer Rusia, dikutip TASS.

Pesawat tempur Su-30
Pesawat tempur Su-30SM (@ Dmitry Terekhov-commons.wikimedia)

Spesifikasi Su-30SM Kazahstan

Pesawat tempur multirole Su-30SM adalah salah satu dari jet tempur generasi 4,5 terbaik yang dimiliki Angkatan Udara Rusia, bahkan juga salah satu dari jajaran pesawat tempur terbaik di seluruh dunia.

Jet Su-30SM yang diterima Angkatan Udara Kazakhstan tidak memiliki akhiran “E”, menunjukkan Su-30 bukan varian ekspor alias sama dengan yang dimiliki Angkatan Udara Rusia sendiri.

Baca Juga:

Versi Tak Berawak Pesawat Tempur Checkmate, Siapa Minat ?

4 Pesawat Tempur Su-30SM Diterima Militer Kazakhstan di 2022

Menhan Prabowo Hadiri Peluncuran Prototipe Pesawat Tempur KF-X

Rusia sering memberikan kapada Kazakhstan prioritas tinggi berupa persenjataan, amunisi dan peralatan militer paling canggih, termasuk Su-30SM ini. Pesawat Su-30SM jelas merupakan insentif besar yang diterima Kazakhstan, sesuatu yang tidak dimiliki pelanggan persenjataan besar seperti India.

Su-30SM adalah pesawat tempur multirole yang dibangun berdasarkan konfigurasi ekspor Su-30MKI ke India namun menggunakan peralatan tempur buatan Rusia sendiri.

Dibandingkan dengan Su-30MKI, maka Sukhoi Su-30SM menggunakan sistem avionik Rusia murni dan tidak menanamkan perangkat yang berasal dari Prancis atau Israel seperti halnya Su-30MKI India.

Dengan menggunakan perangkat buatan Rusia sendiri dapat menjamin kemudahan pemeliharaan dan mempertahankan spesifikasi teknis Su-30SM tanpa takut terkena embargo ataupun kesulitan suku cadang.

Komponen inti dari Su-30SM mirip dengan Su-30MKI India, terutama pada radar array fase pasif N011M BARS. Radar tersebut merupakan generasi lawas sebelum generasi radar N035 Irbis yang dipasang pada Sukhoi Su-35S. Radar memiliki jangkauan pengintaian maksimum 400 km tetapi kurang sensitif terhadap objek terbang dengan area pemantulan radar kecil.

Su-30SM menggunakan mesin dengan kontrol vektor dorong AL-31FP 2-arah (2D TVC), yang sedikit lebih rendah spesifikasinya daripada TVC AL-41F1S 3D pada Su-35S. Namun berkat kombinasi sayap depan yang meiliki fitur canard, Su-30SM memiliki kemampuan manuver fleksibel tidak kalah dari Su-35S.

*Foto: Pesawat tempur Su-30SM (@Alan Wilson – commons.wikimedia)