Latihan Militer NATO Baltops 2015

Lima ribu tentara NATO melakukan latihan di pantai Swedia untuk mengantisipasi serangan lebih lanjut Rusia ke Eropa. Latihan yang melibatkan angkatan darat, laut dan udara ini diberi sandi Baltops 2015, dengan skenario mempertahankan wilayah baltik dari serangan Rusia.

Latihan ini melibatkan 50 kapal perang dan 60 pesawat terbang yang dipimpin Amerika Serikat. Lima ribu prajurit dari 17 negara terlibat, termasuk: Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Inggris, Belanda, Swedia, Turki, Denmark dan Kanada.

AS menyertakan tank tempur, kendaraan infanteri dan senjata berat lainnya yang rencananya akan disimpan menetap di Eropa Timur. Hal ini sekaligus menandai pertama kalinya sejak perang dingin, peralatan militer AS ditempatkan di negara Nato Eropa Timur. Penempatan alutsista AS untuk menjaga keamanan Eropa setelah aneksasi Rusia ke Crimea, Ukraina pada bulan Maret 2014.

Selain menempatkan kendaraan tempur, AS akan menempatkan 750 tentara di masing masing tiga negara Baltik: Polandia, Rumania, Bulgaria dan kemungkinan Hunggaria (JKGR).

Leave a Reply