Program Doktoral Unhan RI 2021 Kolaborasi Lintas Generasi Sipil Militer

Bogor, JakartaGreater  –  Sumber daya manusia yang unggul adalah salah satu kunci bagi kemajuan bangsa. Urgensi ini selaras dengan visi misi pemerintah yang menempatkan pembangunan SDM sebagai prioritas utama. Dirilis Situs Kemhan RI pada Selasa 31-8-2021.

Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) kembali menyelenggarakan Program Doktoral S3, Tahun Akademik 2021/2022, yang pendidikannya secara resmi dibuka Wamenhan M. Herindra, bersamaan dengan pembukaan program pendidikan D3, S1 dan S2  pada Senin 30-8-2021 di Kampus Unhan, Sentul, Bogor, sebagai respon terhadap prioritas pemerintah.

Upacara yang berlangsung dengan khidmat tersebut, dihadiri Rektor Unhan RI Laksdya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., CIQaR., IPU., beserta Pejabat Eselon I dan II Unhan, Pejabat Eselon I Kemhan, Pejabat Mabes TNI dan Tiga Matra serta undangan lainnya.

Sebagai perguruan tinggi pemerintah, Universitas Pertahanan (Unhan) RI secara teknis akademik dibina Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), dan secara teknis fungsional di bawah pembinaan Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Seperti pentahapan penerimaan mahasiswa baru Unhan sebelumnya, para mahasiswa S3 Cohort 4 ini sejak awal harus melalui seleksi persyaratan administrasi dan berbagai seleksi yang sangat ketat, sehingga menjadi kebanggaan apabila diterima di Program S3 Beasiswa Unhan RI.

S 3 2 e1630482844755

“Sebanyak 22 mahasiswa Doktoral terpilih Tahun Ajaran 2021/2022, merupakan gabungan komposisi yang unik. Para senior kalangan sipil dan militer dengan berbagai pengalaman, bergabung bersama generasi muda yang cerdas serta energetik dalam satu cohort yang dinamis. Terwakilinya tokoh militer dan sipil inilah yang mencerminkan sinergitas lintas generasi Program Doktoral Cohort 4”, terang Rektor Unhan RI.

Sejumlah tokoh yang menjadi mahasiswa dalam program Doktoral Unhan RI Cohort 4 diantaranya, Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin M.B.A mantan Wamenhan yang saat ini mengabdikan diri sebagai Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan, sedangkan dari kalangan generasi muda, Dave Akbarshah Fikarno, ME., yang saat ini menjadi Anggota DPR-MPR RI Komisi I dan Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Benny Octaviar, MDA., CHRMP.

Selain itu terdapat beberapa peneliti, dosen, pegawai negeri sipil dari berbagai instansi serta generasi muda TNI tiga matra, yang telah berkomitmen untuk saling bersinergi demi kemajuan bangsa.

“Dengan kombinasi terbaik anak bangsa dalam Program Doktoral Cohort 4 Unhan ini, diharapkan dapat memperkaya strategi serta menghasilkan berbagai solusi permasalahan bidang pertahanan demi kejayaan Bangsa Indonesia”, kata Rektor Unhan RI Laksdya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian.

Leave a Comment