TNI AL Bahas Kerja Sama dengan Republic of Singapore Navy

unnamed e1630544239913

JakartaGreater   –    TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Republic of Singapore Navy (RSN) membahas kerja sama bilateral Navy To Navy Talks (NTNT) ke-11 pada Rabu 1-9-2021  bertempat di Ruang Djakarta, Hotel Raffles, Jakarta, untuk meningkatkan kerja sama di bidang militer. Dirilis Dispenal pada Kamis 2-9-2021.

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dipimpin Head of Delegation (HoD) Asops Kasal, Laksda TNI Dadi Hartanto, M. Tr (Han)., didampingi Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., beserta Perwira Staf.

Singa 4 e1630544284251

Sedangkan pihak Republic of Singapore Navy bertindak selaku HoD adalah Head of Naval Operation RSN, Rear Admiral Seah Poh Yeen beserta Perwira Staf RSN.

Laksda TNI Dadi Hartanto pada pembukaan NTNT menyampaikan ucapan terima kasih kepada RSN atas bantuannya pada operasi search and rescue KRI Nanggala-402, serta pemberian bantuan peralatan penanganan Covid-19. “Hubungan antara TNI AL dan RSN telah terjalin selama sejak lama dan memberikan pengaruh positif kepada keamanan maritim di kawasan.

Oleh sebab itu, hubungan ini harus dilanjutkan serta ditingkatkan dalam rangka memberikan keuntungan antar ke-2 Angkatan Laut,” ujar Laksda TNI Dadi Hartanto.

Singa 2 e1630544314510

Navy To Navy ke-11 ini membahas agenda kegiatan di tahun 2021-2022 yakni, Review action items hasil pertemuan NTNT ke-10, paparan struktur organisasi RSN serta kesepakatan kerja sama kedepannya dalam bidang latihan, pendidikan, kunjungan kapal maupun pertukaran perwira.

Sebagai wujud hubungan baik kedua Angkatan laut, pihak Republic of Singapore Navy sepakat untuk memberikan pelatihan dan kursus baru kepada TNI AL terkait Submarine Rescue Vehicle (RSV) yang akan didahului dengan penjelasan peralatan RSV.

Simga 3 e1630544343857

Kegiatan ini sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional dalam Bidang Latihan.

Turut hadir dalam kegiatan membahas kerja sama bilateral Navy To Navy Talks ini yaitu,  perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Puskersin TNI, serta Atase Pertahanan RI di Singapura.

 

Tags:

Leave a Reply