Pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada Berpotensi Jadi Kepala Pemerintahan Afghanistan

Teheran, JakartaGreater  –   Pemimpin Taliban Mullah Hibatullah Akhundzada dapat menjadi kepala pemerintahan baru Afghanistan, ungkap saluran TV TOLOnews Afghanistan dalam laporannya pada hari Rabu 1-9-2021, mengutip Anamullah Samangani, seorang anggota komisi budaya Taliban. Dirilis Tass pada Kamis 2-9-2021.

“Konsultasi pembentukan pemerintahan hampir selesai, pembahasan yang diperlukan tentang susunan kabinet telah dilakukan. Tidak dapat disangkal, pemimpin Akhundzada akan berada di pemerintahan dan dia akan memimpinnya,” katanya. Samangani tidak menjelaskan apakah akan ada kantor perdana menteri. Namun, sumber TOLOnews mengatakan bahwa postingan ini akan dibuat.

Sebelumnya, Khaama Press News Agency mengutip sumbernya untuk melaporkan bahwa kepala sayap politik Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar akan diangkat menjadi menteri luar negeri, Mullah Yaqoob (putra pemimpin pertama Taliban) akan menjabat menteri pertahanan, sementara Khalifa Haqqani ( putra salah satu pemimpin Taliban Jelaluddin Haqqani) akan menjadi menteri dalam negeri.

Taliban diperkirakan akan mengungkapkan penunjukan pemerintah mereka pada 3 September 2021. Taliban melancarkan operasi besar-besaran untuk mendapatkan kembali kendali atas Afghanistan setelah Amerika Serikat mengumumkan penarikan personel militernya dari negara itu.

Pada 15 Agustus 2021, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengundurkan diri dan melarikan diri dari negara itu, dan pasukan Taliban menyerbu ke Kabul, tanpa menemui perlawanan. Pasukan yang menentang pemerintahan Taliban menawarkan perlawanan, yang dipimpin oleh Ahmad Massoud, di Provinsi Panjshir.

Mantan Wakil Presiden Amrullah Saleh, yang menyatakan dirinya sebagai “presiden sementara”, mendesak negara untuk mendukungnya. Anggota layanan AS sepenuhnya menarik diri dari Afghanistan pada dini hari Selasa 31-8-2021, mengakhiri kehadiran 20 tahun mereka di negara itu.

File: Mawlawi Hibatullah Akhundzada.jpg From Wikimedia Commons, the free media repository.

Leave a Comment