Taruna AAL dan ABK KRI Bima Suci Lomba Dayung di Raja Ampat

JakartaGreater  –    Alam Raja Ampat merupakan primadona bagi dunia pariwisata Indonesia. Kepopulerannya sudah menyebar ke turis lokal sampai turis mancanegara.

Banyak turis mancanegara yang terkesima dengan keindahan alam Raja Ampat ini, kesempatan ini tak disia-siakan oleh Satuan Latihan Kartika Jala Krida (KJK) Taruna AAL dan Satgas KJK KRI Bima Suci untuk menikmati indahnya alam Raja Ampat dengan menggelar lomba dayung, pada Kamis 2-9-2021, dirilis Bagpen AAL pada Kamis 2-9-2021.

KRI Bima Suci yang membawa 89 taruna AAL Tingkat lll Angkatan ke-68 dalam pelayaran keliling Indonesia etape ke-4 dari Jayapura menuju Raja Ampat ini dan lego jangkar. Selain untuk menikmati alam Raja Ampat, lomba dayung ini juga untuk olahraga, menjaga semangat serta kekompakan semua personel yang menaiki KRI Bima Suci kali ini.

WhatsApp Image 2021 09 02 at 16.47.53 1 e1630591685717

Menurut Perwira Pelaksana Latihan KJK 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr (Opsla)., Raja Ampat namanya sudah tersohor di berbagai negara sebagai salah satu tempat wisata di Indonesia yang memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa.

Terletak di Kabupaten Waisai, Provinsi Papua Barat, Raja Ampat memiliki 610 pulau yang sangat indah, di antaranya adalah pulau Misool, Salawati, Balanta dan Waigeo.

“Kita coba mengendorkan urat dengan berenang, snorkeling dan bermain dayung disini. Untuk lomba dayung school boat yang pesertanya terdiri dari 2 kategori, yaitu gabungan perwira, ABK Satlat dan KRI, kategori Taruna AAL sendiri,” jelas Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan.

Untuk peserta Taruna AAL lanjutnya, dibagi berdasarkan divisi jaga A (Ambon), B (Bandung) dan C (Cepu), adapun untuk tiap-tiap tim terdiri dari 8 pendayung dan satu tekong (kemudi). Lomba dayung menempuh rute sejauh 400 meter dengan mengelilingi KRI Bima Suci yang sedang Lego jangkar sebanyak 2 kali putaran.

WhatsApp Image 2021 09 02 at 16.47.54 e1630586846972

Dari tim yang sudah terbentuk tersebut, satu demi satu berlomba menunjukan semangat dan kekompakan menjadi yang tercepat. Semangat pun terus digelorakan suporter yang berada disekeliling KRI.

Dari perlombaan lomba dayung school boot yang digelar, di Kategori Pertama, Tim ABK KRI Bima Suci keluar sebagai juaranya, sedangkan di Kategori Kedua, Juara 1 diraih Taruna Divisi Jaga B (Bandung), Juara 2 Taruna Divisi Jaga A (Ambon) dan Juara 3 Taruna Divisi Jaga C (Cepu) serta untuk eksibisi lomba suporter terbaik dimenangkan oleh Divisi jaga A (Ambon).

Dansatgas KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo menyerahan hadiah untuk kategori pertama dan penyerahan hadiah untuk kategori ke 2 diberikan oleh Perwira pelaksana latihan KJK tahun 2021 berupa bingkisan dan uang pembinaan.

WhatsApp Image 2021 09 02 at 16.47.54 1 e1630586886798

Menurut Dansatgas KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo, S.H.,M.Tr (Hanla)., lomba dayung ini sudah menjadi event rutin yang dilaksanakan oleh Satgas KJK KRI Bima Suci pada saat membawa Satlat KJK, yang dimaksudkan agar terbentuk team work yang solid antar Taruna dan adanya interaksi antara Taruna dengan ABK KRI.

Para Taruna AAL yang nantinya akan mengawaki kapal maupun organisasi TNI AL kedepan lanjutnya, harus dibekali tentang kerjasama dalam tim, mengingat keberhasilan pelaksanaan tugas tidak ditentukan satu individu atau satu bagian saja, melainkan kerjasama dan soliditas antar satuan dalam menyelesaikan tugas mencapai tujuan yang ditetapkan.

 

 

Leave a Comment