Lanud Husein Sastranegara Latihan Pengamanan Objek Vital Nasional dan VVIP

Bandung, JakartaGreater   –   Kegiatan latihan pengamanan objek vital nasional dan pengamanan Very-Very Important Person (VVIP) yang di laksanakan di Lanud Husein Sastranegara dan PT Dirgantara Indonesia merupakan realisasi dari program kerja Lanud Husein Sastranegara tahun 2021, dirilis Situs TNI AU pada Sabtu 4-9-2021.

Tujuan latihan pengamanan objek vital nasional dan pengamanan VVIP yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan profesionalisme prajurit didalam melaksanakan tugas, terutama dalam melaksanakan tugas pengamanan objek vital nasional dan pengamanan VVIP.

Vital 2

Kegiatan latihan ini sangat penting dilaksanakan, karena di wilayah Lanud Husein Sastranegara terdapat industri penerbangan nasional strategis yaitu PT. Dirgantara Indonesia yang keamanannya senantiasa harus tetap terjaga.

Disamping itu juga, Kota Bandung sering dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya even-even berskala nasional maupun internasional, yang dihadiri baik oleh kepala negara, kepala pemerintahan maupun tamu negara setingkat kepala negara asing, sehingga memerlukan tingkat pengamanan yang sangat tinggi.

Vital 3

Latihan pengamanan objek vital nasional dan pengamanan VVIP ini sangat relevan untuk selau dilaksanakan, mengingat personel Lanud Husein Sastranegara memiliki tuntutan tugas yang sangat tinggi dan setiap saat harus mampu melaksanakan kegiatan pengamanan, baik terhadap objek vital nasional maupun VVIP secara tertib, aman dan lancar.

Latihan yang dilaksanakan selama 2 hari ini melibatkan Pasukan Pertahanan Pangkalan Husein Sastranegara dan Satuan Pendidikan Khusus, Pusdiklat Paskhas.

Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Ali Gusman S.T., M.M., mengatakan, bahwa latihan ini merupakan langkah antisipasi pengamamanan terhadap obyek vital nasional dan pengamanan VVIP yang setiap saat bisa saja mendapat ancaman atau diserang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan memiliki tujuan tertentu.

Vital 4

Walaupun latihan ini melibatkan berbagai macam unsur dan satuan, berdasarkan evaluasi secara general, latihan kali ini berjalan sesuai rencana dan bisa dikatakan cukup berhasil, berkat koordinasi yang baik antar unsur maupun satuan, sehingga segala kendala yang ada dapat diatasi dan kegiatan latihan berjalan dengan baik dan lancar. Kata Danlanud Kolonel Pnb Ali Gusman.

Pada kesempatan yang sama Kadisops Lanud Husein Sastranegara Letkol Lek I Ketut Wiratmaja, mengharapkan latihan ini dapat mengukur kemampuan dan memberikan gambaran kesiapsiagaan personel Lanud Husein Sastranegara dalam mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk ancaman yang dapat membahayakan objek vital nasional dan keselamatan VVIP di wilayah Lanud Husein Sastranegara.

Leave a Comment